10 tips mudik agar perjalanan selamat sampai tujuan

Selasa, 5 Juni 2018 23:51 WIB
10 tips mudik agar perjalanan selamat sampai tujuan
Pekerja mengecek kondisi mesin mobil pelanggan di bengkel mobil Kawasan Tebet, Jakarta, Jumat. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta (ANTARA News) - Memasuki pekan ketiga Bulan Ramadhan, sebagian penduduk di kota-kota besar di Indonesia sudah mulai mempersiapkan perayaan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, diperkirakan 12,24 juta kendaraan pribadi akan digunakan sebagai kendaraan mudik tahun ini. Mereka menggunakan kendaraan pribadi dengan berbagai alasan, mulai dari menghemat biaya hingga memudahkan mobilisasi di kampung halaman.

Untuk itu, bagi Anda yang akan mudik ada baiknya menyimak 10 tips mudik berikut ini:

Periksa kondisi kendaraan

Hal terpenting dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan dengan melakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan menjadi faktor paling berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga jika mudik dengan kendaraan pribadi.

Untuk mobil, periksakan mesin, rem, oli, air bag dan roda. Sedangkan bagian pada motor yang perlu dicek adalah kondisi mesin, rem dan ban.

Bagi Anda yang ingin membeli suku cadang sendiri, tidak ada salahnya untuk mengecek melalui marketplace Lazada yang menawarkan potongan harga untuk spare parts dan peralatan kendaraan.

Gunakan oli mesin tepat

Oli mesin merupakan komponen penting pada mobil maupun motor yang dapat habis masa pemakaiannya. Memilih dan menggunakan oli mesin terbaik selama mudik dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan mesin dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan oli yang tepat juga dapat mengurangi gesekan pada mesin. Hal ini juga dapat menekan penggunaan bahan bakar, sehingga Anda dapat menghemat biaya pengeluaran selama mudik.

Jangan melebihi kapasitas

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan Anda. Pada dasarnya, setiap kendaraan dirancang untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing.

Jika terjadi kelebihan beban maka akan muncul potensi kecelakaan atau kerusakan kendaraan yang mengurangi keselamatan penumpang. Apabila kapasitas mobil hanya 7-8 orang, maka sebaiknya jangan digunakan mengangkut 10 orang, atau dengan muatan yang berlebihan.

Uang tunai cukup

Membawa uang tunai juga penting selama mudik karena selama perjalanan Anda belum tentu selalu menemukan ATM dan tidak semua toko bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit atau debit.
Untuk itu, membawa uang tunai cukup merupakan sebuah keharusan dan diperlukan perencanaan pengeluaran selama perjalanan agar tidak membawa dana berlebihan.

Bawa cukup makanan-minuman

Untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik, ada baiknya Anda membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Membawa makanan juga meminimalisir pengeluaran Anda untuk makan dan minum di perjalanan.

Packing efektif

Berbagai kebutuhan pribadi dan keluarga juga perlu dipersiapkan dengan baik agar perjalanan mudik menjadi menyenangkan. Selain memilih pakaian yang sesuai cuaca, jumlah pakaian yang dibawa juga harus diperhitungkan dengan baik agar tidak berlebihan dan menyulitkan saat dibawa.

Cara mengemas pakaian juga penting agar memberikan ruang yang lebih banyak untuk penyimpanan barang lain. Guna mencegah kerusakan saat packing, Anda bisa menempatkan kabel dan charger dalam tempat kacamata serta membawa peralatan mandi dan obat-obatan pribadi dalam kemasan plastik anti bocor agar tidak merusak pakaian.

Aktifkan GPS atau bawa peta

Bagi Anda yang tidak hafal jalan, atau tertarik untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan, ada baiknya mengaktifkan aplikasi GPS melalui smartphone atau fitur pada mobil Anda.

Anda juga perlu membawa peta untuk mengantisipasi kesalahan rute perjalanan atau baterai ponsel Anda habis saat membutuhkan navigasi.

Patuhi lalu rambu

Anda harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendara sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan. Anda tidak perlu mengebut atau mengemudi ugal-ugalan dengan menerobos rambu lalu lintas yang berujung pada kecelakaan lalulintas.

Istirahat

Perjalanan jauh disertai kemacetan tentunya menguras tenaga. Anda harus menyiapkan waktu beristirahat di sela-sela perjalan di lokasi yang telah ditentukan, misalnya pom bensin atau tenda-tenda resmi yang telah disediakan. Anda bisa kembali menyetir apabila tubuh sudah benar-benar bugar.

Utamakan selamat

Kecelakaan yang terjadi selama masa mudik lebih disebabkan karena kelalaian pengendara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya Anda mengutamakan keselamatan saat memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan untuk mendapatkan produk yang diperlukan guna menjamin kenyamanan berkendara saat mudik bisa ditemukan melalui situs Lazada.

"Promo-promo menarik akan terus ada hingga Lebaran selesai, oleh karena itu, pantau terus situs Lazada.co.id dan lengkapi kebutuhan mudik Anda segera,” pungkas Achmad Alkatiri.

Baca juga: Polisi ingatkan cara mudik gunakan motor

Baca juga: Berbagi kebahagiaan dengan warga perbatasan jelang Lebaran

Baca juga: Tol Palindra dioperasikan untuk mudik Lebaran

Editor: Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2018

Dongfeng Motor Company Limited (DFL) bersama Nissan berencana merilis 20 mobil listrik di bawah naungan empat mereknya pada tahun 2022. DFL merupakan salah ...
Infiniti, brand otomotif di bawah Nissan, mengungkap sebuah sketsa desain dari mobil konsep bertenaga listrik, Prototype 10, yang rencananya bakal ...
Astra Honda Motor (AHM) menjual 1.000 unit sepeda motor pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan Honda Forza menjadi ...
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengincar kenaikan penjualan kendaraan penumpang di Kota Serang, Banten, melalui produk All New Ertiga, Baleno Hatchback dan ...
Ban dari kendaraan kita ternyata memiliki kadarluasa, ban dikatakan kadaluarsa jika sudah mencapai umur 6 tahun sejak ban itu diproduksi. Kendaraan memang ...