Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota-Astra Motor memberikan kesempatan kepada sejumlah media untuk mencicipi produk terbaru, All New C-HR, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada Kamis (3/5).

All New C-HR yang diluncurkan pada 10 April 2018 mendapatkan respon positif dari konsumen karena telah dipesan sebanyak 126 unit hingga Rabu (2/5).

Antara News berkesempatan menjajal mobil bermesin 1.800cc Dual VVT-i dengan kode mesin 2ZR-FBE dengan transmisi CVT 7-speed untuk melintasi jalan lurus, bergelombang, berlubang dan paving block di kawasan Ancol.

Kesan pertama saat memasuki kabin kemudi C-HR adalah suasana interior canggih dengan ragam tombol fitur yang terpasang di lingkar kemudi serta di konsol tengah. Desain tuas transmisi yang unik serta tombol parking brake/auto break-hold di bagian tengah juga menambah kesan canggih pada mobil ini.

Setelah menutup pintu, kesenyapan ruang kabin sangat terasa bahkan ketika pedal gas ditekan cukup dalam untuk akselerasi, suara mesin tidak terdengar berisik dari dalam.

Posisi duduk di balik kemudi C-HR bisa dikatakan sangat nyaman, karena pengemudi seolah merasa "dipeluk" oleh kursi. Posisi duduk yang pas juga memberikan visualisasi yang luas, ditambah posisi berbagai tombol fitur yang mudah terjangkau sehingga memudahkan pengendalian selama mengemudi.

Saat berakselerasi, C-HR mudah mencapai kecepatan 100km/jam kendati dipacu di lingkungan terbatas di area Ancol dengan pengawasan dari tim Toyota. Pengendalian saat bermanuver di tikungan pun terasa stabil, kendati medan jalan yang dilintasi bergelombang.

Penggunaan suspensi Double Wishbone pada bagian belakang membuat mobil ini lebih terkontrol dan nyaman saat melintasi jalanan berlubang. Guncangan pada ruang kabin pun mampu diredam oleh suspensi itu.

Baca: Toyota C-HR sudah dipesan 126 unit

All New C-HR menggunakan headunit 7 inci yang terintegrasi smartphone untuk kemudahan konektivitas melalui Bluetooth, USB atau AUX-in, serta pemutar CD dan DVD dengan tampilan modern sebagai hiburan tambahan saat perjalanan.

Kesan nyaman juga terasa saat duduk di kursi samping pengemudi dan baris kedua sebagai penumpang. Ketika mobil bermanuver di tikungan tajam, mobil tetap stabil memberikan handling yang prima sehingga body roll tidak terlalu terasa.

Mobil ini juga dilengkapi Rear Cross Traffic Alert (RTCA) yang mendeteksi kendaraan atau objek lain di area blind-spot.
Toyota All New C-HR. (ANTARA News/HO)


TNGA

All New C-HR menjadi model pertama Toyota ber-platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang dipasarkan pertama kalinya di Indonesia.

Head of Product Knowledge PT Toyota Astra Motor Gandhi Ahimsaputra menjelaskan setidaknya ada lima keunggulan platform TNGA yang dirasakan langsung oleh pengemudinya, antara lain kualitas berkendara, kenyamanan kabin, desain emosional, fitur aplikatif dan mudah digunakan serta perangkat keamanan kelas dunia sehingga aman untuk seluruh keluarga.

Dari sisi kualitas berkendara, mobil ini menawarkan respons yang instan pada akselerasi, manuver atau handling, dan pengereman, sesuai dengan kemauan pengendara.

"Desainnya juga atraktif, ibaratnya sudah eye-catching. Kalau melintas di jalan akan membuat orang lain menengok, melihat C-HR," kata Gandhi Ahimsaputra dalam penjelasannya sebelum test drive C-HR di Ancol, Jakarta Utara, Kamis.

Baca: Mengenal platform TNGA pada Toyota C-HR

Gandhi menjelaskan keunggulan lainnya adalah struktur body yang rigid sehingga memberikan stabilitas lebih baik saat menikung, serta tingkat kebisingan mesin dan getaran yang rendah kendati mobil sedang berakselerasi.

Sebagai informasi, Toyota C-HR lahir dari visi CEO Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda yang ingin mobil Toyota tidak hanya unggul dalam kepraktisan, namun juga menonjolkan kebutuhan emosional pelanggan sehingga mengemudi semakin menyenangkan atau fun-to-drive.

Purwarupa C-HR ditampilkan pertama kali di Paris Motor Show pada 2014. Pada September 2015, Toyota menghadirkan C-HR Concept pada Frankfurt Motor Show dan mobil itu tampil dalam bentuk final concept di Geneva Motor Show pada Maret 2016 sebelum masuk ke pasar komersial.

Desain bodi mengambil bentuk berlian yang memberikan kesan kokoh serta karakter dinamis demi meraih pengendaraan yang enerjik. Struktur bodi kendaraan juga didesain untuk mengurangi tingkat kebisingan di kabin.

Toyota C-HR dilengkapi perangkat keselamatan lengkap antara lain impact absorbing structure, 7 SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Traction Control, Rear-Cross Traffic Alert, Blind-Spot Monitor. All New C-HR pun dihiasi dengan Welcome Light di spion kanan-kiri yang membentuk logo C-HR.

Toyota C-HR model satu warna Metal Stream, White Pearl, Black Attitude dijual Rp 488,5 juta sedangkan model dua warna Blue Metallic-black roof dan Red Mica Metallic-black roof dijual Rp490 juta berstatus on the road Jakarta.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018