Toyota ungkap purwarupa kendaraan hibrida FFV di Brazil

Selasa, 20 Maret 2018 22:30 WIB
Toyota ungkap purwarupa kendaraan hibrida FFV di Brazil
Unit purwarupa kendaraan berbahan bakar fleksibel (FFV) hibrida Toyota yang diperkenalkan di Sao Paulo, Brazil, Senin (19/3/2018) setempat. (ANTARA News/HO/Toyota Global Newsroom)
Jakarta (ANTARA News) - Sebuah unit purwarupa kendaraan berbahan bakar fleksibel (FFV) hibrida di Sao Paulo, Brazil, Senin (19/3) setempat.

Kendaraan itu, mengkombinasikan teknologi FFV alias mobil berbahan bakar fleksibel yang menggunakan bensin maupun bahan bakan alternatif lainnya seperti ethanol dengan teknologi hibrida Toyota yang menyandingkan mesin cetus api dan tenaga listrik.

Sistem mesin hibrida FFV dikembangkan Toyota guna mempopulerkan kendaraan listrik hibrida di Brazil sembari berkontribusi terhadap lingkungan lewat pengurangan emisi karbondioksida, demikian keterangan resmi Toyota.

Toyota mengklaim hibrida FFV mereka bisa mengurangi jumlah emisi karbondioksida secara drastis karena ditopang sistem hibrida Toyota yang mengutamakan efisiensi energi serta rendah emisi dan meningkatkan daya serap ethanol terhadap karbondioksida.

Teknologi kendaraan purwarupa itu diaplikasikan kepada unit Prius, yang saat ini mulai dijual dan merangkak popularitasnya di Brazil.

Studi internal Toyota mengklaim teknologi hibrid FFV mereka lebih ramah lingkungan dibandingkan FFV pada umumnya, dalam hal emisi karbondioksida baik dari proses ekstraksi hingga distribusi kepada akselerasi mesin. Bahkan jika mesinnya dipasok menggunakan ethanol berbasis tebu, hasilnya akan lebih baik lagi.

Pengembangan kendaraan hibrid FFV Toyota menjadi bagian upaya mereka mewujudkan visi "Environmental Challenge 2050", termasuk mengurangi emisi karbondioksida hingga 90 persen dari jumlah pada 2010.

Meski demikian, Toyota belum memastikan kapan mereka akan memulai fase komersialisasi dan produksi massal kendaraan hibrid FFV, yang disebut Bos Toyota Brazil sekaligus CEO Toyota Wilayah Amerika Latin dan Karibia Steve St. Angelo sebagai kendaraan hibrida terbersih itu. 

Toyota terlebih dulu akan mengumpulkan beragam data lewat uji kendara di jalanan umum.

Baca juga: Toyota Auris generasi ketiga hadir dengan mesin hibrida terbaru

Baca juga: Skandal Dieselgate dinilai untungkan Toyota, kenapa?

Baca juga: Mercedes-Benz bersiap rakit mobil hibrida di Indonesia

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2018

Infiniti, brand otomotif di bawah Nissan, mengungkap sebuah sketsa desain dari mobil konsep bertenaga listrik, Prototype 10, yang rencananya bakal ...
Mobil Mercedes-Benz seri 300SL 'Gullwing' hilang setelah dicuri dari tempat parkir hotel di dekat sirkuit balap Nürburgring. Aksi pencurian mobil ...
Dongfeng Motor Company Limited (DFL) bersama Nissan berencana merilis 20 mobil listrik di bawah naungan empat mereknya pada tahun 2022. DFL merupakan salah ...
Astra Honda Motor (AHM) menjual 1.000 unit sepeda motor pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan Honda Forza menjadi ...
Untuk pertama kalinya pada pameran GIIAS, tiga produk aftermarket berkolaborasi menjadi "Gold Sponsors" antara lain kaca film Llumar, kaca film CPF1 ...