Strategi Toyota jaring calon konsumen di era digital

Sabtu, 12 Agustus 2017 22:27 WIB
Strategi Toyota jaring calon konsumen di era digital
Dokumentasi President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kedua kanan), Vice President TAM Henry Tanoto (kanan), President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono (kedua kiri) dan Vice President TMMIN Edward Otto Kanter (kiri) berfoto bersama di depan 3 line-up terbaru Toyota yaitu, C-HR, New Fortuner TRD dan All New Voxy pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE Serpong, Banten, Kamis (10/8/2017) (ANTARA /Audy Alwi)
Tangerang (ANTARA News) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memanfaatkan dunia digital untuk memberikan informasi produk, teknologi dan pelayanan kepada konsumennya.

"Di dunia digital kami memberi kemudahan melebihi ekspektasi pelanggan, dalam hal ini mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk dan jasa yang dibutuhkan melalui berbagai saluran digital," kata Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto di ICE - BSD City, Tangerang, Sabtu.

Dia mengatakan, ketersediaan saluran digital dengan informasi lengkap dianggap dapat memudahkan calon konsumen. Pasalnya, dengan menggunakan teknologi, konsumen dapat melihat secara digital produk sesuai keinginan mereka.

Selain itu, berdasarkan survei keberadaan saluran digital, juga bisa mempengaruhi masa depan industri otomotif nasional.

"Kami menyadari, era digital seperti saat ini konsumen menginginkan pengalaman yang lebih mudah dan sederhana, misalnya saat ingin membeli mobil," kata Soerjopranoto.

Ia menjelaskan, sebelum memutuskan model dan merek tertentu, konsumen cenderung melakukan survey sebanyak-banyaknya, seperti dari website, blog, forum atau sosial media.

Lebih lanjut, Soerjopranoto mengatakan, melalui cara ini Toyota juga menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga target komunikasinya tepat sasaran.

Toyota Indonesia merambah era digital sejak meluncurkan situs web resmi pada 1996 sekaligus menjadi pionir pabrikan mobil yang memiliki website di Tanah Air. Di tingkat global, website Toyota Indonesia tercatat sebagai yang memiliki traffic terbesar ketiga di dunia.

"Selain untuk mempermudah calon konsumen mengakses informasi tentang produk dan layanan, cara ini juga dapat membangun engagement antara Toyota dan pelanggan," ucap Soerjopranoto.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2017

Sejumlah pameran seni dan otomotif hingga konser musik akan digelar di Jakarta pada Sabtu. Otobursa Tumplek Blek 2018 mulai dibuka pada hari ini hingga ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...