Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corporation dan Mazda Motor Corporation menandatangani kesepakatan kerja sama aliansi bisnis dan modal, yang seremoninya disiarkan langsung melalui kanal YouTube Toyota Global Newsroom pada Jumat sore.

Kesepakatan itu menjadi hasil dari diskusi serta kolaborasi kedua pihak selama dua tahun terakhir.

Aliansi kedua pihak meliputi lima hal utama, yakni membentuk perusahan joint venture untuk memproduksi kendaraan di Amerika Serikat; bersama-sama mengembangkan teknologi mobil listrik; bersama-sama mengembangkan teknologi mobil terhubung; berkolaborasi dalam pengembangan teknologi keselamatan kendaraan yang lebih unggul; dan, meningkatkan produk-produk yang saling melengkapi satu sama lain.

Selain kelima hal tersebut, keduanya menyepakati perjanjian aliansi modal yang tetap menjaga kemandirian dan kesetaraan kedua belah pihak.

Kesepakatan itu dilakukan dengan cara kedua pihak membeli saham baru yang akan diterbitkan satu sama lain dalam jumlah yang sama dan setara.

"Manfaat terbaik dari aliansi dengan Mazda adalah kami menemukan rekanan baru yang betul-betul mencintai mobil," kata Presiden Toyota, Akio Toyoda, sebagaimana dilansir laman resmi Toyota.

Sementara Presiden sekaligus CEO Mazda, Masamichi Kogai, berharap lewat aliansi tersebut kedua pabrikan Jepang itu mampu mendorong industri otomotif serta menciptakan banyak mobil-mobil terobosan yang hadir berkat semangat bersaing keduanya.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017