Jakarta (ANTARA News) - Sedan Volvo S90 dan V90 wagon meraih nilai tertinggi atau bintang lima mengungguli Ford Mustang dalam pengujian keselamatan yang dilakukan lembaga pengujian global European New Car Assessment Programme (Euro NCAP).

Volvo S90 dan V90 yang diluncurkan pada 2016 merupakan kendaraan pertama yang diuji Euro NCAP pada 2017. Kedua mobil itu meneruskan teknologi canggih dari Volvo XC90 yang juga meraih penilaian bagus dari Euro NCAP pada tahun lalu.

S90 dan V90 berhasil melampaui skor terbaik secara keseluruhan dari setiap model yang diuji tahun lalu. Hasil tersebut membuat Volvo memiliki tiga mobil dengan keselamatan terbaik antara lain S90, V90 dan XC90.

Sebaliknya, Ford Mustang cuma mencetak peringkat bintang dua dalam hal perlindungan kecelakaan penumpang dewasa dan anak-anak serta ada kekhawatiran ketersediaan sukucadang keselamatan di pasar Eropa.

Pada uji tabrak depan Mustang, kantung udara (airbag) pengemudi dan penumpang kurang mengembang. Pada uji depan menyeluruh, penumpang di belakang bisa lolos dari pelukan sabuk pengaman yang kurang kencang sehingga berisiko menyebabkan cedera perut.

Pada kecelakaan tabrak samping, kepala boneka juga mengenai trim interior samping mobil.

"Volvo telah berinvestasi di bidang keselamatan, membuat standar teknologi kunci di berbagai model dan hasilnya berbicara: sangat mengesankan, bintang lima," kata Michiel van Ratingen Sekretaris Jenderal Euro NCAP dalam situs resminya, Kamis (26/1).

"Ford tidak berharap Mustang akan diuji Euro NCAP dan memilih tidak memberikan teknologi keselamatan di Eropa padahal tersedia untuk konsumen Amerika, serta tersedia di beberapa mobil sport lainnya," lanjut Ratingen.


Ford mengatakan Mustang facelift tersedia akhir tahun ini dilengkapi dengan fitur Pre-Collision Assist dan Lane Keep Assist sebagai fitur standar.

Untuk itu, Euro NCAP berharap Ford Mustang memperbaharui sistem keamanan mobilnya ketika produknya sudah masuk ke pasar Eropa.

"Oleh karena itu kami berharap Ford mengambil kesempatan untuk berinvestasi dalam perubahan yang diperlukan sekarang untuk generasi Mustang masa depan," tambah Ratingen.

Hasil uji dan gambar tabrakan telah dipublikasikan di situs resmi Euro NCAP kendati daftar peringkat keselamatan mobil akan dirilis pada 1 Maret 2017.

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017