Jakarta (ANTARA News) - Toyota Astra Motor (TAM) memajang mobil murah ramah lingkungan (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang, Toyota Calya,  sebagai salah satu model utama di ruang pamer Toyota pada pameran Gaikindo 2016.

Sejumlah pengunjung yang datang ke ruang pamer itu meminta kepada pramuniaga untuk membuka kap mesin guna melihat mesin 3NR empat silinder, 16 Valve, DOHC, dan Dual VVT-i yang menjadi andalan Calya.

"Coba saya mau melihat mesinnya seperti apa, katanya sudah Dual VVT-i seperti Avanza dan Veloz baru," kata Nurhakim pengunjung dari Condet, Jakarta, di ruang pamer Toyota, Tangerang Selatan, Banten, Jumat.

Pengunjung lainnya, Yuwono juga melongok ke dalam kap mesin Calya dan meraba-raba sejumlah part kemudian mengatakan, "bagus juga ya, saya rencana mau belikan untuk anak, tapi masih pikir-pikir ya."

Sementara itu, Yahuda, pengujung dari Duren Tiga, Jakarta, melihat mesin Dual VVT-i Calya kemudian membandingkannya dengan LCGC Toyota Agya.  "Mesinnya ternyata beda sama Agya, saya mau cari-cari buat anak baru masuk kuliah," kata dia.

Calya dengan kapasitas mesin 1.200cc menggunakan mesin Dual VVT-i seperti Grand New Avanza dan Veloz yang memiliki kapasitas mesin lebih tinggi.

Dual VVT-i membuat kerja Calya semakin optimal walaupun terisi tujuh penumpang karena pengoperasian Dual VVT-i tergantung ICU yang menganalisa RPM mesin dan beban angkut serta membaca dari dorongan pedal gas. Ketika beban mesin dalam keadaan menengah, exhaust akan digeser untuk mendapatkan kontrol emisi dan efisiensi yang lebih baik.

Pada saat beban kendaraan tinggi dengan kecepatan rendah maka katup exhaust akan membuka lebih lambat, katup intake juga dibuka lebih lama untuk memperoleh efisiensi.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016