Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pabrikan otomotif terus mencoba untuk menggugah daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian pandemi virus corona. Salah satu yang dilakukan adalah dengan meluncurkan mobil-mobil dengan fitur menarik berharga miring.

Mulai dari Daihatsu hingga Toyota, berikut sejumlah mobil murah terbaru di Indonesia.

Daihatsu Sigra
 
Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura (kiri) bersama Chief Executive PT Astra International- Daihatsu Sales Operation Supranoto (kanan) berfoto di samping mobil New Daihatsu Sigra yang diluncurkan di Sumarecon Serpong, Tangerang, Banten, Senin (16/9/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.


Sigra merupakan mobil Daihatsu di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia pada periode Januari-Maret 2020, dengan penjualan mencapai 13.467 unit (GAIIKINDO).

Daihatsu Sigra terbagi menjadi empat tipe dengan masing-masing tipe memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda.

Tipe paling rendah dan yang termurah yaitu tipe D dengan harga Rp118,5 juta. Disusul dengan tipe M seharga Rp128,9 juta.

Lalu ada pula tipe X yang dibanderol mulai harga Rp138 jutaan. Varian tertinggi dari Daihatsu Sigra adalah tipe R yang dihargai Rp144 jutaan.

Baca juga: PT ADM berikan pelatihan produksi dengan protokol COVID-19

Baca juga: Daihatsu berikan kelonggaran garansi di masa PSBB

Baca juga: Daihatsu perpanjang penghentian produksi hingga 24 April


Honda Brio Satya
Honda Brio (ANTARA News/Honda)


Honda Brio Satya merupakan salah satu LCGC terlaris di Indonesia dengan penjualan hingga 12.722 pada periode Januari-Maret, berdasarkan data GAIIKINDO.

Honda Brio Satya adalah tipe Honda Brio yang lebih ramah di kantong, jika dibandingkan dengan varian lainnya, yakni Honda Brio RS.

Honda Brio Satya memiliki beberapa tipe yaitu tipe S, E, dan E CVT. All New Honda Brio Satya dibanderol mulai dari Rp146 jutaan.

Baca juga: Berapa ongkos perawatan Suzuki Ignis?

Baca juga: Brio dan HR-V jualan terbanyak Honda selama Maret 2020

Baca juga: Honda Brio dorong penjualan gemilang Honda di Februari


Toyota Calya
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshiro Nakata (kedua kiri), Vice President Director TAM Henry Tanoto (kedua kanan), Director Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide, mengacungkan jempol saat peluncuran New Calya compact 7 seater terbaru Toyota, di Jakarta, Senin (16/9/2019). ANTARA FOTO/Audy Alwi/nz. (ANTARA/AUDYALWI)


Toyota Calya yang termasuk jenis LCGC dengan kapasitas 7 penumpang keluaran pabrikan Toyota ini menjadi produk yang semakin menguatkan posisi Toyota di pasar mobil dengan kategori LCGC.

Menyusul Sigra dan Brio Satya, Calya menjadi mobil murah terlaris di Indonesia hingga Maret 2020. Varian Toyota New Calya 2020 E M/T merupakan model termurah Calya dan dihargai dengan harga Rp146,3 jutaan.

Baca juga: Denso pangkas produksi global hingga 50 persen

Baca juga: Terlalu berisiko, VW dan Toyota tunda lagi operasional pabrik AS

Baca juga: Toyota Innova versi ambulans banyak diminta selama COVID-19

Daihatsu Ayla
Peluncuran Daihatsu New Ayla (HO)


Daihatsu Ayla terbaru ditawarkan dalam dua pilihan mesin dan empat varian. Mesin 1.0 liter dan 1,2 liter serta pilihan varian D, D+, X, R dan R Deluxe.

Untuk harga, Daihatsu 1.0L ditawarkan mulai Rp101,65 juta untuk tipe bertransmisi manual hingga Rp141,05 untuk tipe Deluxe dan bertransmisi otomatis.

Sedangkan tipe bermesin 1.2L dipasarkan dengan harga mulai Rp 135,95 juta untuk tipe X bertransmisi manual hingga harga tertinggi Rp 159,4 juta untuk tipe R Deluxe dengan transmisi otomatis.

Toyata Agya
New Toyota Agya 2020 yang diluncurkan secara virtual melalui kanal Youtube resmi Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020). (ANTARA/HO/Toyota Indonesia)


Mobil LCGC Toyota lainnya, Agya, selain harganya yang cukup bersahabat, desain dari mobil Agya juga sangat kompak.

Pada 2020 ini, Toyota Agya Facelift di luncurkan dengan banyak menampilkan lekuk bodi yang tajam, sporty, dan cukup terjangkau.

Varian dari keluarga Toyota Agya G yaitu Toyota Agya 1.0L dan 1.2L, yang keduanya memiliki memiliki transmisi manual dan otomatis.

Varian Toyota Agya G ini merupakan varian yang terbilang standar, mengingat Agya memiliki varian premiumnya yaitu Toyota Agya G TRD, yang disebut-sebut memiliki performa dan tampilan yang lebih sporty jika dibandingkan versi standardnya.

Toyota Agya G dibanderol mulai dari harga Rp143,8 untuk varian terendah.

Baca juga: Permintaan layanan Toyota Home Service naik dua kali lipat

Baca juga: Prediksi Toyota soal penjualan mobil pada Ramadhan tahun ini

Baca juga: Toyota Yaris Cross meluncur tahun ini, begini tampilannya

Wuling Formo
 
Wuling model Formo (/)


Wuling Formo sebagai mobil versi lebih murah dari Confero itu tersedia dalam tipe minibus dan blind van dengan harga mulai Rp140,8 juta.

Renault Triber
 
Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan berfoto dengan Renault Triber di diler Pulit, Jakarta Utara. (ANTARA/Chairul Rohman)


Merek otomotif Prancis Renault memasarkan Triber dengan harga mulai Rp133 juta untuk tipe dasar (RXE MT). Sedangkan untuk varian tertinggi bertransmisi CVT mencapai Rp184,9 juta.

Renault KWID

Mobil kompak lainnya dari Renault, yakni KWID dijual dengan harga mulai Rp138 juta.

Baca juga: Nissan, Renault dan Mitsubishi akan perdalam kemitraan mobil listrik

Baca juga: Renault tawarkan "test drive" Triber di rumah

Baca juga: Renault perpanjang waktu tutup pabrik akibat virus Corona


Suzuki Karimun Wagon
Karimun Wagon R, LCGC pertama yang memiliki dua transmisi, manual dan otomatis, dalam satu mobil. (Alviansyah Pasaribu)

Mobil mungil lain yang mungkin bisa menjadi opsi untuk harga di bawah Rp150 juta adalah Karimun Wagon.

Tipe Wagon R dijual mulai Rp118,5 juta, sedangkan tipe Wagon R GS Rp140,5 juta

Baca juga: Cara Suzuki layani pelanggan selama #DiRumahAja

Baca juga: Motor matik harga di bawah Rp4 jutaan

Baca juga: Suzuki perpanjang penutupan pabrik di Indonesia

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020