Tangerang (ANTARA News) -  Honda CR-Z Mugen GT yang menjadi  salah satu special display mencuri perhatian para pengunjung di ruang pamer (booth) Honda pada pameran Gaikindo 2016.

Para pengunjung pria dan wanita tidak membuang kesempatan mengambil foto dan video di depan mobil berspesifikasi balap berukuran mungil namun tetap garang dengan "sayap" di bagian belakang.

"CR-Z sudah banyak terlihat di jalanan Jakarta, tapi untuk tipe yang Mugen GT ini saya baru lihat, keren juga," ucap Adi Heryanto (30), pengunjung pameran dari Depok, di ruang pamer Honda, Rabu.

Yolanda Puspa, pengunjung dari Pamulang, Tangerang Selatan, mengatakan CR-Z Mugen GT terlihat lebih menarik karena ada sayap pada bagian belakang mobil.

Toto Purbo, pengunjung pameran dari Pluit Jakarta Utara, menyebut CR-Z  yang sudah terlihat sporty sebagai  kian "garang" dengan penambahan body kit dan sayap di bagian belakang.

"Saya tahu mobil ini ukurannya mungil, tapi dengan tambahan body kit dan sayap di belakang jadi semakin naksir, semakin sporty," kata Toto.

Honda CR-Z Mugen GT tampil dengan spesifikasi balap yang dirancang khusus Honda dan Mugen untuk ajang balap Super GT Series di Jepang.

Honda CR-Z Mugen GT menggunakan mesin 2.800cc twin turbo berkonfiguasi enam silinder (V6) dilengkapi dengan Racing Hybrid System. Honda CR-Z Mugen GT menggunakan enam percepatan mengadopsi teknologi Paddle Shift pada setir balapnya.

Mobil ini mempunyai dimensi 4.445 mm untuk panjang, 1.940 mm lebar serta 1.100 mm untuk tinggi dengan berat minimum 1.200 kilogram.

Untuk mengoptimalkan sektor aerodinamika serta performa mobil di atas trek, Honda CR-Z Mugen GT menggunakan body kit tambahan berupa sayap belakang, floor baru, desain bumper depan dan belakang, suspensi khusus untuk balap serta ban khusus balap.

Mobil ini adalah pengembangan dari model Honda CR-Z Mugen RR yang tampil perdana pada Goodwood Festival of Speed 2011 di Inggris dan Guangzhou International Automobile Exhibition pada 22-28 November 2011 di Guangzhou.

Prestasi terbaik yang diraih Honda CR-Z Mugen GT adalah juara umum Super GT Series di kelas GT300 pada musim balap 2013 lewat Team Mugen dan kedua pembalapnya Hideki Mutoh dan Yuhki Nakayama.

Team Mugen menggunakan Honda CR-Z Mugen GT pada 2012-2014. Selain Team Mugen, Honda CR-Z Mugen GT juga digunakan oleh tim balap lainnya yaitu Autobacs Racing Team Aguri pada tahun 2013 hingga 2015.


Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016