Jakarta (ANTARA News) - Toyota Astra Motor menampilkan delapan unit mobil modifikasi (dress-up) pada pameran Gaikindo 2016, salah satunya adalah Toyota Veloz Tigre yang perubahannya menelan biaya hingga Rp200juta.

Donny Adhi Yuwono, Manajer Desain Aksesoris Toyota Astra Motor, mengatakan body Veloz Tigre menggunakan cat dari Lexus sehingga biaya modifikasinya menjadi cukup mahal.

"Kami pakai cat Lexus untuk body sehingga kisarannya sekitar Rp200juta di tahap awal. Tapi belum ada kisaran pasti karena banyak biaya yang tidak masuk perhitungan," kata Donny saat memperkenalkan Veloz Tigre di Tangerang Selatan, Selasa.

Tigre berasal dari bahasa Italia yang berarti harimau sehingga konsep modifikasi Veloz Tigre mengacu pada model wajah harimau yang sedang marah. Untuk itu pada bagian depan Veloz Tigre diberikan warna merah untuk menggambarkan mulut harimau usai menyantap mangsanya.

"Pakai solid titanium dari Lexus, merahnya juga dari Lexus agar terlihat beda dan baru," lanjut Donny.

Secara umum terdapat 13 perubahan signifikan pada Veloz Tigre yang menggunakan velg R16. Mobil kelas MPV ini mengkombinasikan warna sonic titanium pada body dan red mica crytal pada bumper depan.

Terdapat kombinasi proyektor lampu utama dengan grille yang diubah warna hitam piano untuk memberikan kesan gagah. Pada bagian belakang, modifikasi dilakukan pada spoiler roof, garnis pintu belakang, bemper belakang serta cover taillamp warna hitam.

Selain itu, Donny meyakinkan bahwa modikasi yang dilakukan tim desain TAM tidak akan mengurangi kinerja mobil karena menggunakan aksesoris dan suku cadang resmi dari Toyota dan TRD.

Veloz Tigre didesain oleh anak muda Indonesia yang tergabung dalam Product Planning dan Development Division TAM. Untuk merancang Veloz Tigre dibutuhkan waktu enam bulan dengan mempertimbangkan masukan dari pameran tahun lalu di mana TAM memamerkan modifikasi Yaris Heykers, Yaris Legian dan Agya Kojo.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016