Jakarta (ANTARA News) - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 berhasil menorehkan penjualan 11.275 unit kendaraan dengan total transaksi Rp 3 Triliun.

"Itu data final," kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, dalam siaran persnya, Kamis.

Data hasil penjualan tersebut terdiri dari kendaraan roda empat sebanyak 10.559 unit dan total penjualan sepeda motor sebesar 716 unit.

Sebelumnya, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara acara telah merilis data penjualan sementara dengan angka total Rp 2.27 miliar dari total penjualan kendaraan bermotor sebesar 8.704 kendaraan untuk 8.156 unit kendaraan roda empat dan 548 sepeda motor.

Hendra menegaskan perubahan angka hanya terjadi pada total penjualan mobil dan motor dan otomatis berpengaruh pada angka total transaksi.

Sedangkan total pengunjung IIMS 2016, tak berubah dari angka 454.178 pengunjung.

"Ini satu lagi contoh soal blessing in disguise pada penyelenggaraan IIMS 2016 kali ini. Kami sesungguhnya sudah sangat bahagia dan bersyukur dengan angka-angka yang sebelumnya dirilis.

Tapi, fakta yang kemudian terjadi justru meninggikan kebahagiaan itu meskipun melalui sebuah proses updating," ujar Hendra.

Telah disebutkan saat acara penutupan, jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang dirilis masih belum final.

Mengingat masih ada beberapa APM yang masih memerlukan waktu untuk verifikasi data SPK ke masing-masing dealernya.

Setelah tiga hari berlalu, Pihak Dyandra mengupdate angka tersebut pada Rabu (20/4) setelah mendapatkan seluruh SPK dari 50-an brand kendaraan yang manggung di IIMS 2016.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016