Jakarta (ANTARA News) - Komunitas pemilik dan pehobi mobil Volkswagen Type 2 atau akrab dikenal sebagai VW Kombi, Volkswagen Van Club (VVC), bakal menutup tahun 2015 dengan menggelar tur Jelajah Bumi Sumatera Kilometer Nol dengan rute Jakarta-Sabang-Jakarta.

Sebanyak empat hingga lima unit VW Kombi anggota VVC akan menempuh jarak rute berangkat sepanjang 2.743 km dan rute pulang sejauh 2.785 km, demikian dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Perjalanan yang akan memakan waktu sekira 12 hari 13 malam itu akan diberangkatkan pada 15 Desember 2015 dari Tempat Istirahat KM 13,5 Tol Jakarta-Merak.

Upaya VVC mencapai Monumen Kilometer Nol yang berada di Pulau Weh, Sabang, Aceh, sebagai titik paling barat dari wilayah Indonesia itu, juga menjadi bagian dari langkah komunitas membantu promosi pariwisata Indonesia, khususnya wilayah Aceh dan Pulau Sumatera pada umumnya.

"Laiknya keindahan alam yang menarik, mobil klasik yang kami rawat pun mengundang pesona. Apabila keduanya digabungkan, tentunya menjadi sumber perhatian dan ekspos luar biasa dari publik," kata Ketua Umum VVC Pamudji R. Soetopo, yang juga purnawirawan perwira tinggi kepolisian tersebut.

Di perjalanan baik berangkat maupun pulang, duta tur VVC juga akan mendatangi sejumlah target lokasi wisata alam serta menemui sejumlah penggemar VW di berbagai kota yang dilintasi.

Hasil perjalanan tersebut juga nantinya bisa menggali informasi terkini kondisi rute yang dilalui serta rekomendasi dari potensi-potensi wisata yang dikunjungi.

VVC juga melihat kondisi rute lintas Sumatera miliki sejumlah tantangan tersendiri seperti minim SPBU, rawan kejahatan, hal-hal berbau mistis, binatang liar, ternak yang menyeberang seenaknya serta terkadang terlampau sepi dan senyap.

Hal itu, bakal menjadi ajang pembuktian ketangguhan dan daya tahan mobil klasik VW Kombi dalam menempuh perjalanan jauh melewati rute yang memiliki berbagai tantangan tersebut.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015