Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggara pameran diecast terbesar di Indonesia, Indonesia Diecast Expo 2015, menargetkan bisa menjaring pengunjung sebanyak 15.000 orang selama dua hari pameran berlangsung pada 7-8 November 2015 di Balai Kartini, Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Ketua Penyelenggara IDE 2015, Handry Satriatama, yang telah menyelenggarakan IDE selama dua tahun beruntun sejak 2014 itu.

"Karena tahun lalu bisa tembus 11.000 pengunjung, untuk tahun ini kami menargetkan 15.000 pengunjung selama dua hari penyelenggaraan. Syukur-syukur kalau bisa tembus 20.000 pengunjung," kata saat ditemui di sela-sela IDE 2015 di Balai Kartini Jakarta, Sabtu.

Sedikitnya 102 peserta pameran turut ambil bagian dalam IDE 2015, selain juga menggandeng berbagai komunitas penggemar diecast serta miniatur kereta api dan pesawat terbang.

Penyelenggara juga menyiapkan berbagai acara pendukung untuk menarik animo masyarakat, tidak sekadar mereka yang mau mencari item-item koleksi tambahan, termasuk Race Monster Jam yang kali pertama dilangsungkan dalam IDE edisi tahun ini.

"Tahun ini kami ada yang baru yakni Race Monster Jam, sama saja balapan diecast, tetapi khusus untuk miniatur mobil-mobil dengan ban berukuran besar atau mobil-mobil offroad," kata Handry.

Hal lain, yang baru terjadi gelaran kedua IDE tersebut adalah banyaknya animo komunitas dari luar Jabodetabek.

"Siang ini barusan ada komunitas dari Malang dan Sidoarjo bawa sekitar 20 orang. Tahun kemarin cuma 2-3 orang dari komunitas luar Jabodetabek itu," ujarnya.

Handry memperkirakan transaksi yang berlangsung selama IDE 2015 bisa mencapai sekira Rp10 miliar, mengingat biasanya untuk lapak-lapak besar memperoleh transaksi sebesar Rp100 juta sepanjang dua hari penyelenggaraan.

"Sekarang ada 102 lapak, kurang lebih Rp10 miliar ya. Tetapi rata-rata nilai transaksinya tidak sama, ada juga yang menembus Rp120 juta, tapi ada juga yang Rp60 juta, biasanya tidak semua membuka soal nilai transaksi memang," pungkasnya.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015