Jakarta (ANTARA News) - Saat ini, mengemudi menjadi sebuah keahlian yang sangat dibutuhkan. Utamanya bagi kaum muda urban dengan mobilitas tinggi.

Tapi, tahukah Anda bahwa hampir 90 persen kecelakaan yang terjadi di jalan raya disebabkan oleh faktor lelalaian manusia?

Terkait hal itu, Ford Motor Indonesia (FMI) menyelenggarakan sesi khusus Driving Skills for Life (DSFL) untuk mengingatkan pengemudi agar berkendara secara aman dan hemat bahan bakar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat

Berikut 10 tips aman berkendara ala Ford yang juga diterapkan dalam sesi pelatihan "Train The Trainers Ford Asia Pasifik" di Bangkok:

1. Selalu kenakan sabuk pengaman saat berkendara.
2. Sesuaikan kaca spion samping dan belakang untuk mendapatkan pandangan yang jelas.
3. Mengemudilah dengan tenang dan senantiasa mengantisipasi situasi lalu lintas.
4. Tetaplah fokus, hindari penggunaan telepon seluler saat berkendara.
5. Pertahankan jarak aman, yakni sekitar tiga detik antar-kendaraan. Saat hari hujan bisa ditambah menjadi enam detik, dan saat cuaca bersalju bisa ditambah menjadi sembilan detik.
6. Sesuaikan pergantian gigi. Mengemudilah dengan kecepatan mesin rendah, yang memiliki rentang ideal 1.500 hingga 2.500 rpm.
7. Gunakanlah momentum kendaraan untuk menghemat pemakaian baham bakar.
8. Matikan mesin jika memungkinkan. Matikan mesin dalam keadaan berhenti total, misalnya tidak bergerak selama lebih dari 20 detik.
9. Periksalah tekanan angin ban dan sesuaikan dengan anjuran.
10. Hindari membawa beban berlebihan.

FMI sendiri telah meluncurkan program DSFL di Indonesia pada tahun 2008, dan semenjak itu lebih dari 11.500 pengemudi dari berbagai kelompok masyarakat dan organisasi telah berpartisipasi dalam program pelatihan yang disediakan secara gratis tersebut.
Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015