Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar wisuda terhadap 12 Kader Teknisi Daihatsu Angkatan kelima di sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JI Expo, Kemayoran, Kamis.

Kader teknisi Daihatsu merupakan program pengembangan kemampuan teknis intensif bagi sejumlah lulusan dari beberapa SMK yang menjadi binaan Daihatsu.

"Selain pelatihan, kader teknisi Daihatsu juga berkesempatan melakukan kunjungan ke pabrik ADM dan pemasok guna melihat langsung proses produksi dan kontril kualitas yang sesuai standar global Daihatsu," kata Kepala Divisi Layanan Teknis ADM, Ahmad Syaufi.

Kunjungan ke pabrik ADM dan pemasok ditujukan untuk menambah wawasan dan inspirasi para kader untuk terus meningnkatkan keterampilan guna memberikan hasil kerja terbaik serta berkualitas global.

Para peserta kader teknisi Daihatsu mengikuti pelatihan selama 10 bulan di Pusat Pelatihan ADM.

Program Kader Teknisi Daihatsu dinilai menjadi percepatan bagi pemenuhan kebutuhan teknisi handal dan terampil dibandingkan jalur reguler yang memakan waktu hampir 3 tahun.

Sebanyak 12 wisudawan angkatan kelima kader teknisi Daihatsu kali ini berasal dari tujuh SMK yang merupakan bagian dari 68 SMK binaan Daihatsu, yakni SMK Islam PB Sudirman 1 Jakarta Timur, SMKN 5 Bandar Lampung, SMK Yadika 3 Jakarta Barat, SMKN 1 Kota Bekasi, SMK Kesatrian Purwokerto, SMKN 3 Kuningan dan SMKN 3 Surabaya.

Program yang sudah berlangsung sejak 2011 silam itu menerapkan metode belajar pelatihan di kelas, praktik dan pelatihan kerja yang meliputi 5 tahapan utama.

Pertama pelatihan soft skill yang di antaranya berisi mentalitas dasar, budaya kerja dan 5S.
Tahapan kedua adalah pelatihan layanan teknis dasar, guna memberikan pemahaman alat dan komponen kendaraan.

Kemudian dilanjutkan tahapan ketiga dan keempat yakni pelatihan keterampilan melakukan perawatan kendaraan Daihatsu dan perbaikannnya.

Serta tahapan terakhir berupa pelatihan khusus seperti defensive driving, pre-diagnosis, electrical, automatic transmission, airbag dan paint defect.

Saat ini tercatat sudah ada 66 wisudawan kader teknisi yang menjadi bagian dari layanan purnajual Daihatsu, dan angkatan keenam telah memulai pelatihan mereka yang terdiri dari 12 peserta dari 8 SMK binaan.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014