Jakarta (ANTARA News) - Jeep Wrangler Sahara HEMI, varian Jeep dengan mesin paling besar dan modifikasi total dari produk modifikasi Jeep, Mopar, diluncurkan pada hari kedua Indonesia International Motor Show 2014 di Jakarta, Jumat.

"Jeep Wrangler Sahara edisi khusus ini digerakkan mesin 6,4 liter V8 yang menghasilkan 470 tenaga kuda dan torsi maksimum 637 Nm. Jeep ini telah 'didandani' habis-habisan dengan produk Mopar, mulai dari bumper depan hingga belakang, dan sebagainya," kata Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global, Rieva Muchsin.

Prosesi peluncuran Jeep Wrangler Sahara HEMI ini juga dilakukan secara khas pemegang merek Jeep, Chrysler, FIAT, dan Dodge itu.

Dua model cantik dari Brazil dengan busana seksi membantu Muchsin membuka selubung hitam jip yang juga berkelir hitam solid berkilau itu.

Dua model itu memenuhi keinginan para fotografer mengabadikan kecantikan mereka yang sangat kontras dengan kekokohan dan maskulinitas Jeep Wrangler Sahara HEMI edisi khusus itu.

Satu unit mesin 6.400 cc bensin V8 yang didatangkan khusus dari Amerika Serikat menjadi latar belakang menarik juga, di samping mobil yang baru saja diluncurkan itu.

Empat ban BF Goodrich 305/55/20 seri off-road melingkari pelek Summit 20 inchi menjadi latar belakang menarik di belakang bumper Mopar kelabu (Mopar high dome engine hood), dengan grill khusus (Mopar mesh grill), dan dua lampu utama LED.

Tampilan luar masih dipertegas dengan bodi hard top yang lengkung-lengkungnya berbeda ketimbang varian Wrangler standar, bahkan yang lain. Dua kaca spion bertengger kokoh di frame kaca pintu depan, dengan kelir hitam senada, yang menambah kesan sangar dan bertenaga besar.

"Banyak penggemar Jeep yang ingin memiliki jip bertenaga besar yang premium dan lain dari yang lain. Walau tampil mewah, namun tidak sedikit pemilik Jeep ini yang mengeksploitasi habis-habisan kemampuan mobil off road kebanggaan mereka ini," kata Muchsin.

Banderol harga Rp1.650.000.000, kata dia, bukan halangan bagi penggila Jeep untuk menebus Jeep Wrangler Sahara HEMI edisi khusus ini. "Ada pelanggan kami yang sudah memiliki beberapa Jeep sebelum menebus yang baru. Begitulah, kalau sudah suka pasti tidak ke produk lain," katanya.

Harga segitu diyakini sangat pas untuk kenikmatan dan kenyamanan berkendara off-road (speed dan adventurous off-road). Meletakkan kaki di lantai ruang pengemudi dan duduk di kursinya, sistem tata suara premium dari Alpine Premium Sound dengan Digital Signal Processing siap memanjakan telinga dan memberi sensasi tersendiri.

Dari tayangan video singkat profil Jeep Wrangler Sahara HEMI ini, mobil jip kelas atas ini sangat mudah menaklukkan tanjakan hingga hampir 60 persen dari mesin 4x4 permanennya. Juga saat "kolam" air di dasar lembah juga enteng saja dilibas padahal dia baru meluncur dari ketinggian jalan berbatu-batu dan berkelok.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014