London (ANTARA News) - Produsen mobil mewah asal Inggris Jaguar meluncurkan mobil termurahnya sekaligus  model pertama yang dirancang untuk perempuan dan kaum muda.

Langkah Jaguar tersebut juga untuk menghadang saingan seperti BMW, Audi, dan Mercedes-Benz.

Jaguar mengatakan sedan sport XE tersebut akan dijual dengan harga 27 ribu poundsterling di Inggris dan merupakan model pertama dalam seri XE.

Model Sport Utility Vehicle (SUV) akan menjadi model selanjutnya.

Langkah ini bertujuan untuk menyaingi pasar mobil mewah lama yang didominasi oleh mobil Jerman seperti BMW 3 series yang dijual dengan harga mulai dari 23.550 poundsterling di Inggris, serta Audi dan Mercedes-Benz.

Nick Miller, kepala program mesin seri XE, mengatakan kepada Reuters bahwa sedan sport XE tersebut akan memperluas jangkauan Jaguar, yang biasanya berhubungan erat dengan image laki-laki.

"Kami pikir pelanggan cenderung lebih muda, dan berada pada tahap awal dari kehidupan mereka, memiliki anak ... bahkan mungkin pelanggan kami adalah perempuan," katanya.

Miller menambahkan kembalinya Jaguar ke level bawah pasar mobil mewah, yang berakhir tahun 2009 setelah selesainya produksi terakhir model X, dimungkinkan faktor pertumbuhan ekonomi dan penggunaan aluminium daur ulang untuk kerangka.

"Daur ulang mengurangi biaya aluminium," katanya.

Sedan sport XE ini memiliki lima pintu dengan desain ramping.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2014