Monako, (ANTARA News) - Nissan sebagai sponsor Liga Champion Eropa membawa seluruh kendaraan bertenaga listriknya sebagai kendaraan resmi tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya disebutkan, kendaraan-kendaraan tersebut akan mengangkut para delegasi terkait sekitar Monako sebagai bagian dari pengundian grup UEFA Champions League 2014/15, yang akan diadakan hari ini, di Grimaldi Forum.

“Nissan menganggap kendaraan nol-emisi sebagai solusi utama dalam mewujudkan mobilitas berkelanjutan masa depan dan sangat berkomitmen terhadap teknologi mobil listrik,” kata Director of Electric Vehicles Nissan Europe, Jean Pierre Diernaz.

Menurut dia, Nissa sebagai pemimpin dalam segmen kendaraan listrik nol-emisi, telah menyediakan kendaraan Nissan LEAF hatchback dan kendaraan e-NV200 kendaraan komersil ringan menjadi bagian dari kendaraan antar jemput resmi UEFA di Monako, bersama Nissan Qashqai, X-Trail dan Nissan GT-R.

"Nissan produsen global kendaraan listrik terkemuka dengan Nissan LEAF mobil listrik terlaris sepanjang masa. Nissan LEAF pertama kali diproduksi secara massal sebagai kendaraan listrik keluarga yang diluncurkan pada tahun 2010," ujarnya.

Tahun lalu menurut dia, Nissan LEAF membukukan angka penjualan 25 persen di atas penjualan mobil listrik terlaris di pasaran, yaitu 130,000 unit terjual secara global dan 26,000 di antaranya di Eropa. 

Dia menjelaskan Nissan LEAF tercatat sebagai pemimpin pasar di beberapa Negara Eropa termasuk Spanyol, Italia, Denmark, Swedia, Finlandia, Norwegia, Belgia, dan Inggris.
 
"Ini pertama kalinya mobil listrik digunakan sebagai bagian dari layanan shuttle resmi UEFA, hal ini sesuai dengan target yang ingin dicapai Monako untuk mewujudkan mobilitas yang berkelanjutan," katanya.

Monako memiliki salah satu infrastruktur mobil listrik yang paling maju di dunia, dengan jumlah pos pengisian bahan bakar listrik permeter persegi lebih banyak dibandingkan negara-negara lain.

Monako sebagai lokasi ajang tahunan konferensi Kendaaran Ramah Lingkungan dan Energi Terbarukan (EVER) telah berada di garis depan dalam mempromosikan penggunaan mobil listrik dan memiliki 287 pos pengisian di 24 lokasi di seluruh kerajaan tersebut dengan jarak antara satu pos pengisian hanya 400 meter.

Hal itu termasuk dua pos pengisian cepat yang berlokasi di sebelah Grimaldi Forum, yaitu lokasi pengundian berlangsung, menjadikannya sebagai lokasi yang ideal sebagai pos pengisian bahan bakar layanan shuttle dengan intensitas tinggi.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014