Jakarta (ANTARA News) - Empat pebalap dunia, Ken Block, Augusto Farfus, Mike Rockenfeller, dan Adrian Zaugg, berpacu melawan kecepatan cahaya di sirkuit yang gelap dan basah dalam ajang Castrol EDGE Titanium: Titanium Strong Blackout.

Pereli Ken Block,  pembalap BMW Motorsport/DTM Augusto Farfus, pembalap Audi Sport/DTM Mike Rockenfeller dan  pembalap Lamborghini Squadra Corse Adrian Zaugg  untuk pertama kalinya bekerjasama dalam satu-satunya ajang balapan melawan cahaya, di arena yang basah dan gelap didukung Castrol EDGE Titanium FST, mengemudi dengan kecepatan tinggi melawan cahaya di jalur balap gelap di Johannerburg, Afrika, pada Rabu waktu setempat.

"Blackout menghadirkan karya seni pertama di dunia berupa pitch jalur balap gelap, yang terbuat dari ratusan berkas cahaya. Arena ini dirancang untuk mengakomodasi rangkaian empat mobil yang menguji keahlian para pengemudi saat mereka bekerjasama untuk pertamakalinya," menurut Castrol dalam siaran pers yang diterima ANTARA News.

Track balapan memaksa para pebalap dan kendaraannya terpacu hingga batas kemampuan mereka, menguji keunggulan manusia dan mesin untuk tampil prima, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada tiap tahap balapan, para pengemudi Blackout dihadapkan pada serangkaian rintangan cahaya – Laser Tunnel, Laser Drift, Slalom, dan Laser Box – hingga mereka harus memaksa kendaraannya sampai pada ambang batas, mengandalkan kemampuan mereka untuk beraksi sambil berpacu melawan cahaya.

Agar lebih menantang, Ken melakukan lompatan keseimbangan di atas Audi R8V10 milik Mike Rockenfeller: aksi yang sangat sulit karena Ford Fiesta ST RX43 2014 yang dikemudikannya tidak memiliki speedometer dan RPM, ditambah track yang basah oleh guyuran hujan.  

Setelah uji coba, Ken Block mengatakan,“Blackout sama sekali tidak seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya. Rasanya berada dalam video game nyata. Jalur balap akan terus muncul dan menghilang saat saya mengendarai mobil dan mencoba untuk mengkoordinasikan segmen saya dengan pembalap lain. Ini jelas bukan tantangan yang mudah.”

Spesialis seni, pengalaman, dan teknologi, Marshmallow Laser Feast, yang terkenal karena kerjasamanya dengan U2, Miley Cyrus, Sony, dan Nike, direkrut untuk menciptakan rintangan cahaya yang spektakuler.

Bermitra dengan rumah produksi peraih penghargaan LOGAN, yang pernah bekerjasama dengan Ken Block, mereka bersama-sama menciptakan Titanium Strong Blackout menjadi tantangan yang benar-benar unik, di mana manusia dan mesin tampil selaras, sementara Castrol EDGE yang diperkuat dengan TITANIUM FST™ menyediakan pelumas yang mereka butuhkan.

Castrol mengklaim bahwa Castrol EDGE Titanium FST merupakan pelumas yang memiliki kekuatan untuk merespons tekanan yang terjadi pada mesin modern.

Titanium FST dikembangkan dengan 2400 campuran pelumas dan diuji untuk mendapatkan formula yang benar-benar tepat. Pengujian setara dengan menempuh jarak 1,9 mil atau 75 kali perjalanan keliling dunia, demikian Castrol mengatakan.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014