Jakarta (ANTARA News) - Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) akan menyasar dua sektor berbeda sebagai bentuk ekspansi di Indonesia.

Menurut Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta, dua sektor yang ingin disasar itu yakni transportasi umum serta transportasi desa atau rural transportation.

"Dua sektor itu yang jadi core kami untuk berkembang di Indonesia," Biswadev saat paparan kerja di kantor TMDI, Jakarta Selatan, Selasa.

Biswadev menyebutkan bahwa India dengan Indonesia memiliki persamaan yakni kota besar dan modern namun memiliki fasilitas transportasi publik yang belum memadai.

"Dan kami memiliki keahlian di bidang transportasi umum," katanya.

Dia menambahkan bahwa Tata masih melakukan studi soal jenis dan desain kendaraan yang sesuai untuk transportasi publik di Indonesia.

"Karena untuk transportasi publik kan butuh durabilitas tinggi. Penggunaannya dari pagi sampai malam dan kami sedang merancang desain yang sesuai," katanya.

Bahkan, untuk angkutan umum kecil, Biswadev menyebut sudah ada pemesanan 5-10 unit mobil untuk dioperasikan di Tangerang akhir Maret ini.

"April nanti akan mulai beroperasi. Namun pembeliannya masih probadi, kami belum melakukan kerjasama dengan organisasi angkutan umum," katanya.

Biswadev menyebut bahwa unit kendaraan yang bisa digunakan untuk angkutan umum milik Tata yakni Super Ace Diesel 1405 cc memiliki beberapa keuntungan baik untuk pemilik angkutan maupun penumpang.

"Karena diesel, lebih murah dibanding bensin, dan kapasitas penumpang yang bisa diangkut lebih banyak. Jadi revenue-nya lebih cepat," katanya.

Transportasi publik yang ingin ditawarkan, lanjut Biswadev tidak hanya dalam bentuk angkutan umum kecil atau angkot saja, namun juga dalam bentuk bus.

"Kami punya jajaran bus CNG yang bisa kami tawarkan untuk penggunaan angkutan umum di Indonesia," katanya.

Untuk rural transportation, Biswadev menyebutkan bahwa pihaknya akan mengembangkan kendaraan yang cocok digunakan di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Karena kalau rural kan medannya berbeda. Tapi bukan berarti mobil untuk rural tidak bisa dipakai di Jabodetabek," katanya.

Sebelumnya, TMDI sendiri sudah meluncurkan lima varian kendaraan yakni kendaraan penumpang Tata Vista, Tata Aria, dan Tata Safari Storme serta kendaraan niaga yakni Tata Xenon dan Tata Super Ace.
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014