Jakarta (ANTARA) - Sementara Uni Eropa mengungkapkan pajak baru yang akan mencapai 38,1 persen untuk impor kendaraan listrik baterai (BEV) China, para pejabat di Jerman sedang mengupayakan agar proposal tersebut tidak benar-benar diberlakukan.

Pekan lalu, Komisi Eropa mengumumkan struktur pajak yang bergantung pada produsen setelah melakukan investigasi terhadap berapa banyak bantuan keuangan yang diterima setiap produsen mobil China dari pemerintahnya.

SAIC, yang memiliki MG, dikenakan pungutan maksimum 38,1 persen, sementara merek-merek seperti Geely dan BYD akan dibebaskan dari pungutan masing-masing sebesar 20 dan 17,4 persen, lapor Carscoops, Selasa (18/6).

Namun, dilaporkan bahwa pembicaraan rahasia antara para pejabat di Berlin, Uni Eropa, dan China dapat menghasilkan kompromi sebelum pajak yang diusulkan berlaku, dengan tenggat waktu 4 Juli.

Baca juga: Turki kenakan pajak 40 persen untuk kendaraan asal China

Baca juga: Malaysia perkenalkan struktur baru pajak mobil listrik

Optimisme ini berasal dari keyakinan bahwa Uni Eropa dan China dapat menemukan titik temu, asalkan ada kesediaan dari kedua belah pihak untuk membuat konsesi.

Meskipun banyak produsen mobil Eropa telah menyatakan keprihatinannya tentang ancaman mobil pembakaran internal (ICE) dan kendaraan listrik China yang murah, sebagian besar produsen mobil tidak mendukung proposal Uni Eropa.

Industri mobil Jerman akan merugi jika China memberlakukan langkah-langkah perdagangan reaksionernya sendiri, dengan Kamar Dagang China untuk Uni Eropa sebelumnya menyatakan akan siap untuk menerapkan pungutan 25 persen pada mobil impor dengan mesin besar.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck telah menyatakan keinginan yang kuat untuk meredakan situasi.

Dia memandang momen saat ini sebagai kesempatan untuk menegosiasikan resolusi yang dapat mencegah siklus pajak “pembalasan”.

Habeck, yang akan melakukan perjalanan ke China minggu depan untuk berdiskusi dengan para pejabat China, sebelumnya berpendapat bahwa keputusan apa pun mengenai pajak harus dibuat oleh para politisi, bukan secara otomatis diberlakukan.

"Pembicaraan dengan China sedang dilakukan oleh Komisi Eropa, yang juga mengumumkan pembicaraan ini. Seperti biasa, pemerintah berhubungan erat dengan Komisi Eropa." kata kementerian ekonomi Jerman.

Baca juga: India turunkan tarif pajak impor untuk kendaraan listrik

Baca juga: Insentif mobil listrik demi mengeliminasi polusi transportasi

Baca juga: AS-UE akan bicarakan mineral penting di tengah ketegangan perdagangan

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024