Jakarta (ANTARA) - Citroën telah mengesampingkan model yang lebih kecil dan lebih besar dalam jajaran produknya di masa depan dan sebagai gantinya akan fokus pada mobil di segmen arus utama terbesar di Eropa.

Dilaporkan Autocar pada Jumat (7/6) waktu setempat, CEO Citroën Thierry Koskas mengatakan merek tersebut harus berada di segmen utama, bukan segmen khusus.

Hal ini pada dasarnya menegaskan bahwa di masa depan, rentang tersebut akan dimulai dengan segmen B C3, dengan Ami di bawahnya, dan diakhiri dengan segmen C C5 Aircross.

Baca juga: Bali jadi daya tarik kenalkan The All-New Citroën C3 Aircross SUV

Koskas mengatakan Citroën tidak memiliki rencana untuk mengganti C1 karena ketidakmampuannya menghasilkan keuntungan, dan dia pada dasarnya mengesampingkan penggantian segmen D C5 X yang tidak berkinerja buruk tetapi berada di segmen yang tidak ada.

“Citroën perlu berada di segmen B dan C karena ini adalah jantung dari merek tersebut,” katanya.

Merujuk pada model yang lebih kecil, Koskas mengatakan ada kesenjangan besar untuk barang-barang listrik dengan harga antara 10.000 euro dan 20.000 euro antara Ami dan ë-C3 baru, namun pertanyaan mengenai pengisiannya tidak mudah untuk dijawab.

“Kami tidak punya rencana saat ini, tapi yang jadi pertanyaan adalah bagaimana Anda mengisinya,” katanya.

Baca juga: Penampilan Citroen Ami diperbarui pada perayaan hari jadi

“Jika Anda memasuki segmen A [dengan penggantian C1], Anda akan mengharapkan untuk membayar lebih sedikit dibandingkan segmen B, namun biaya produksi bagi kami sama,” tambahnya.

Citroën akan menggunakan platform 'Mobil Pintar' baru yang berfokus pada nilai untuk model masa depan di segmen inti tersebut guna menekan biaya.

Arsitektur yang diperkenalkan pada C3 baru ini dibuat menggunakan lebih sedikit komponen sehingga lebih murah dan mudah diproduksi.

Koskas mengatakan Citroën masa depan tidak akan menjadi hatchback atau SUV konvensional karena DNA Citroën yang menyarankan hal-hal baru.

Baca juga: Citroen luncurkan mobil SUV 7-seater terbaru C3 Aircross SUV

Sebaliknya, merek tersebut akan memperkenalkan “bentuk baru yang tidak ada” pada model masa depan.

“Kami akan mengambil risiko, kami perlu mengguncang pasar dan Citroën bisa melakukannya,” tambah Koskas.

“Kami akan melakukannya di segmen B dan C, yang merupakan mayoritas pasar Eropa. Di situlah kita harus berada,” katanya.

Koskas mengatakan jajaran Citroën di masa depan akan memiliki tidak banyak mobil, dan menambahkan: “Tidak ada angka ajaib, tetapi lima atau enam model berada pada posisi yang tepat, sangat menarik bagi pelanggan. Saya akan senang dengan itu”.

Baca juga: Citroën buka Experience Center ke-3 di Pantai Indah Kapuk

Dia memperkirakan sebagian besar penjualan Citroën adalah kendaraan listrik pada tahun 2030, namun merek tersebut berencana untuk terus memproduksi model mesin pembakaran internal dan hibrida karena sebagai merek populer, mereka perlu menawarkan mobilitas yang terjangkau bagi semua orang.

Platform Mobil Pintar dirancang untuk mengakomodasi powertrain pembakaran murni, hibrida, dan listrik murni, seperti yang terjadi pada C3.

Secara umum, Citroën akan terus menekankan pesan kesederhanaannya dan memastikan modelnya tetap terjangkau dan tidak dilengkapi dengan peralatan yang tidak diperlukan. “Kami sudah jelas dengan siapa kami sebenarnya. Mobil terjangkau, mobil sederhana, mobil nyaman. Kami bukan pohon Natal berteknologi,” pungkas Koskas.

Baca juga: Akan dirakit lokal, mobil listrik Citroen berpotensi turun harga

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024