Jakarta (ANTARA) - Sistem parkir otomatis pada mobil Zeekr 007, jenama kendaraan elektrik milik Geely, dapat mengalahkan kemampuan manusia dalam uji coba parkir yang dilaksanakan pada Rabu (8/5), meskipun pengemudi mencatatkan waktu tercepat.

Menurut siaran CarNewsChina pada Rabu (8/5), pengujian tersebut mencakup pemasukan Zeekr 007 ke dalam tempat parkir mekanis selebar 2.060 mm, yang bisa jadi rumit karena kemiringan dan saluran untuk roda masuk, terlebih Zeekr 007 lebarnya 1.900 mm.

Tingkat keberhasilan sistem parkir otomatis Zeekr 007 menurut hasil pengujian 100 persen, jauh lebih tinggi dibanding tingkat keberhasilan pengemudi manusia yang sebesar 66,7 persen.

Namun demikian, produsen mobil tidak menyampaikan data detail mengenai jumlah pengemudi yang terlibat dalam pengujian dan jumlah upaya parkir yang dilakukan.

Baca juga: Zeekr kenalkan MPV 009 baru dengan tambahan fitur
Baca juga: Zeekr segera luncurkan sedan listrik pertamanya di China

Salah satu keluhan umum tentang sistem parkir otomatis adalah terlalu lambat. Meskipun waktu parkir tercepat pengemudi manusia jauh lebih cepat ketimbang sistem, waktu rata-rata parkir menunjukkan hal yang berbeda.

Waktu parkir keseluruhan pengemudi manusia tercepat 31,75 detik sedangkan sistem parkir otomatis pada mobil paling cepat 51,75 detik.

Sedangkan waktu rata-rata parkir sistem pada mobil selama 57,85 detik dan pengemudi manusia agak lebih lambat, 64,07 detik.

Selain itu, catatan waktu parkir paling lambat yang dicapai oleh manusia 2 menit 40,57 detik, jauh lebih lambat dibandingkan catatan waktu Zeekr 007 yang hanya 1 menit 13,50 detik.

Secara keseluruhan, Zeekr 007 lebih cepat daripada pengemudi dalam dua pertiga percobaan.

Mobil itu juga lebih unggul dalam hal parkir presisi, yang hanya dicapai dalam 38 persen percobaan pengemudi tetapi dapat dicapai dalam setiap percobaan menggunakan sistem pada mobil.

Uji coba parkir tersebut kemungkinan merupakan bagian dari promosi untuk pengembangan OS 6.1 di Zeekr 007, yang fungsi parkir cerdasnya ditingkatkan.

Fungsi tersebut mencakup sistem fisheye bird's eye view (BEV) yang dikembangkan oleh Zeekr untuk membantu mobil menghadapi lereng, kolom, dan rantai. Sebagai bagian dari proses parkir, mobil dapat secara otomatis menarik kaca spion samping.

Pengiriman pesanan Zeekr 007 telah dimulai pada Desember 2023. Lima model dalam kisaran tersebut harganya mulai dari 209.900 yuan hingga 299.900 yuan atau sekitar Rp466 juta sampai Rp666 juta.

Baca juga: Zeekr bidik pasar Eropa lewat MPV listrik
Baca juga: Zeekr luncurkan SUV Zeekr X, targetkan pasar Eropa

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024