Jakarta (ANTARA) - Unit mobil kecil Toyota Motor Corp., Daihatsu Motor Co., melanjutkan operasi di semua pabrik perakitannya di Jepang pada Selasa (7/5), setelah lebih dari empat bulan menghentikan produksi domestik karena manipulasi uji keselamatan.

Produsen mobil tersebut memulai kembali produksi kendaraan mini Copen di pabrik utamanya di Ikeda, Prefektur Osaka, pada hari sebelumnya, yang merupakan pabrik perakitan keempatnya di Jepang yang melanjutkan produksi.

Baca juga: Toyota perketat kendali terhadap Daihatsu usai skandal uji keselamatan

Daihatsu secara bertahap memulai kembali produksi di Jepang sejak Februari setelah pemeriksaan ulang standar keselamatan oleh kementerian transportasi negara itu, dengan larangan pengiriman yang mencakup 27 modelnya dicabut pada bulan April.

Tiga pabrik lainnya berlokasi di prefektur Kyoto, Oita, dan Shiga.

Penangguhan pabrik tersebut, yang terjadi setelah Daihatsu pada Desember mengakui adanya kecurangan pada data keselamatan untuk sebagian besar modelnya, menyebabkan penurunan produksi industri di negara tersebut pada bulan Januari dan menimbulkan keraguan atas keselamatan kendaraan grup Toyota.

Baca juga: Daihatsu targetkan "recall" Xenia capai 90 persen tahun ini

“Kami akan melakukan upaya untuk memproduksi mobil lebih hati-hati dibandingkan sebelumnya sehingga kami dapat memastikan kualitas produk yang baik,” kata produsen mobil tersebut dalam pernyataannya, Selasa.

Panel pihak ketiga yang ditunjuk oleh Daihatsu menemukan bahwa kecurangan uji keselamatan sudah dilakukan sejak tahun 1989 dan menyalahkan "jadwal pengembangan yang sangat ketat dan kaku" atas kesalahan tersebut.

Toyota mengatakan pada bulan April bahwa pihaknya akan memperketat kendali mereka terhadap Daihatsu, dan berjanji untuk mengambil alih pengembangan dan persetujuan keselamatan untuk beberapa model yang telah ditangani oleh unit tersebut. Demikian disiarkan Kyodo, Selasa (7/5).

Baca juga: Presiden Daihatsu akan mundur imbas skandal uji keselamatan

Baca juga: Penjualan mobil baru di Jepang menurun menyusul skandal Daihatsu
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024