Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen dikabarkan akan memperkenalkan campervan Volkswagen California generasi terbaru pada 7 Mei 2024 mendatang.

Autocar pada Sabtu mengabarkan bahwa kendaraan California menggunakan arsitektur MQB yang diturunkan dari mobil VW dan untuk pertama kalinya lini tersebut mendapatkan powertrain plug-in hybrid.

Volkswagen California terbaru dikabarkan akan menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,4 liter dengan tenaga yang dikeluarkan sebesar 148bhp yang digabungkan dengan motor listrik 114bhp sehingga menghasilkan gabungan tenaga hingga 215bhp. Van itu akan mengambil tenaga EV dari baterai 13kWh - yang seharusnya memberikan jangkauan mesin mati sekitar 25 mil.

Baca juga: XPeng dan Volkswagen jalin kolaborasi untuk arsitekrtur ev masa depan

Volkswagen California juga memiliki pembaharuan pada sistem pintu geser di kedua sisi untuk menjawab keluhan konsumen karena pintu varian sebelumnya hanya berfungsi di sebelah kanan.

Pintu geser di kedua sisi memberikan ruang gerak bagi pengguna serta membuat kesan ruang yang lebih luas. VW melengkapi campervan itu dengan tenda built-in sehingga ruangan bisa menjadi semakin luas.

Untuk pencahayaan, VW memberikan lampu LED yang dapat disesuaikan warnanya serta lampu berkemah yang dapat dilepas. Untuk kebutuhan sanitasi, VW membuat pancuran built-in untuk mandi yang bisa ditempel pada pintu bagasi yang terbuka.

Pembaharuan yang jauh lebih modern juga sudah dihadirkan dalam kendaraan van yang dapat dijadikan teman kemping ini, seperti perangkat tablet baru yang dapat dilepas. Tablet itu dapat mengontrol “semua fitur yang relevan untuk berkemah”, seperti menaikkan atap pop-up dan memberikan informasi tentang ketinggian air bersih dan air limbah, fungsi pencahayaan interior, status pasokan listrik, lemari es, dan peralatan tambahan hingga menonton.

Produksi California generasi berikutnya akan dimulai di pabrik Volkswagen Hanover di Jerman tahun depan, perusahaan tersebut mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Grup Volkswagen akan luncurkan 30 kendaraan pada 2024

Baca juga: Wisata "campervan" Malang jadi alternatif baru tarik wisatawan

Baca juga: Kiat berburu "campervan" atau trailer klasik untuk "roadtrip"

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024