Jakarta (ANTARA) - Gelaran otomotif Japanese Domestic Market (JDM) Funday Mandalika Time Attack 2024, atau akrab disebut JDM Funday, menjadi wadah bagi pecinta otomotif dan motorsport untuk menjajal sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pada jumpa pers di Jakarta, Rabu, Ketua Pelaksana JDM Funday 2024 Yahya Adi Nugroho mengatakan banyak dari komunitas pecinta otomotif yang bersemangat untuk merasakan sensasi balap di sirkuit kebanggaan Tanah Air, namun terkendala banyak hal, utamanya perihal akomodasi yang sulit.

"Tidak segampang itu untuk membawa mobil mereka ke Mandalika, membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Hadirnya JDM Funday ini tentunya kami menjadi sebuah wadah untuk mengakomodir para car enthusiast ini dengan kerja sama berbagai pihak, kita bisa mengurangi ongkos untuk para peserta mengirim kendaraannya ke Mandalika," kata dia.

Baca juga: JDM Funday Mandalika beri publik kesempatan rasakan pengalaman balap

Baca juga: Sirkuit Mandalika siap selenggarakan JDM Funday 2024


Yahya menyebut, peserta dari ajang otomotif ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dan beberapa kasus ongkos pengiriman mobil tersebut bisa memakan nyaris Rp30 juta untuk satu kendaraan. Ditambah lagi, umumnya mobil yang berpartisipasi adalah mobil unik maupun modifikasi yang memerlukan kehati-hatian dan penanganan khusus.

Dengan diadakannya gelaran JDM Funday Mandalika Time Attack 2024, para pecinta otomotif yang berjumlah 92 orang dan 85 mobil JDM performa tinggi ini dapat bersama menjajal sirkuit dengan biaya akomodasi yang jauh lebih ringan.

"Kami bekerja sama dengan sebuah perusahaan car carrier, di mana ongkos pengiriman kendaraan ini langsung terpangkas paling sedikit 50 persen. Saya yakin hampir semua pecinta otomotif ingin ke Mandalika dan mereka ini tidak perlu terhalangi lagi dengan budget untuk pengiriman mobil," Yahya menambahkan.

JDM Funday Mandalika Time Attack 2024 akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 28 April hingga 1 Mei 2024 dengan format Time Attack.

Setelah JDM Funday sukses diadakan di Sirkuit Internasional Sentul enam tahun lalu, JDM Run kembali menggelar Time Attack yang dikhususkan bagi pecinta mobil sport Jepang tersebut. Time Attack sendiri merupakan format balapan untuk memperoleh waktu terbaik dalam satu putaran atau satu lap pada sirkuit balap.

Sebanyak 85 mobil JDM performa tinggi dari seluruh Indonesia akan hadir untuk bersaing dalam kompetisi Time Attack pada ajang yang merupakan proyek perdana di Sirkuit Mandalika bagi JDM Run.

Setiap peserta akan dikelompokkan berdasarkan tingkat pengalaman dalam berkendara dan jenis kendaraan yang digunakan, yaitu Non-Experienced (tanpa pengalaman), Experienced (berpengalaman), dan Pro (profesional).

Kendaraan akan dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Standard Class, Street Class, dan Race Class.

Baca juga: "Pop Up Little Tokyo" di Surabaya pamerkan mobil JDM legendaris

Baca juga: Sandiaga Uno sebut "Pop Up Little Tokyo" percepat bisnis otomotif

Baca juga: HSR Wheel luncurkan velg terbaru bergaya JDM

 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024