Los Angeles (ANTARA News) - Mini Cooper mengeluarkan hardtop dua pintu dengan ukuran lebih besar dari biasanya dan rencananya akan dijual kuartal pertama tahun 2014.

Ini adalah model pertama yang baru dikembangkan, menggunakan chassis berpenggerak roda depan yang mengikuti model Mini Cooper lain seperti SUV Mini Cooper Countryman. Chassis model ini juga akan digunakan oleh BMW.

"Saat ini kami berharap semakin dekat dengan penentuan harga," kata Patrick McKenna, Manajer Produk Mini Cooper seperti dilansir usatoday beberapa waktu yang lalu.

Mini Cooper jenis hardtop ini rencananyadibanderol mulai dari 20 ribu sampai 25 ribu dolar AS, tergantung pilihan mesin dan transmisi.

Ukuran mobil ini memang tergolong kecil, namun Mini Cooper untuk tahun 2014 akan menjadi lebih panjang 4 inci, lebih tinggi satu inci dan lebih luas satu inci dari model yang ada saat ini. Ruang dibelakang juga lebih lega dua inci.

Sebagian dari perubahan ukuran ini untuk memenuhi peraturan di beberapa pasar yang mengharuskan Mini Cooper menarik badan mesin bagian depan depan sepanjang 2,4 inci untuk meminimalisir dampak pejalan kaki tersenggol mobil. 

Model dasar Mini Cooper hardtop memiliki mesin 1,5 liter, 3 silinder, mesin bensin turbocharged 134 tenaga kuda dan torsi 162 feet.

Spesifikasi ini menggantikan versi saat ini yakni mesin 1.5 liter, 4 silinder, 121 tenaga kuda. Mini Cooper mengharapkan mobilnya dapat mencapai jarak tempuh dengan konsumsi bahan bakar lebih dari 40mpg (mil per galon).

McKenna mengatakan, penggunaan mesin 3 silinder dimaksudkan untuk menghemat bahan bakar, masih jarang digunakan di AS dan tidak boleh terjual keras.

"Apa yang ditunjukan di atas kertas adalah 3 silinder terdengar hebat. Memiliki deru mesin yang nyata," kata McKenna.

Mini Cooper 2014 ini tersedia dengan dua mesin yakni manual dengan enam percepatan atau transmisi otomatis enam percepatan.

Mobil ini juga terdapat fitur baru seperti; Standard backup kamera dan opsi parkir otomatis untuk memudahkan melakukan parkir paralel.

"Fitur ini (parkir otomatis) akan terus-menerus mencari tempat sekitar 3 feet lebih besar dari ukuran mobil," kata McKenna.

Fitur big panel di dashboard yang menjadi layar informasi untuk menunjukkan navigasi,  petunjuk mengemudi yang irit bahan bakar dan data lain yang berkaitan.

Tombol Power Window dari panel pintu dipindah ke bagian bawah tengah dashboard. Selain itu Mini Cooper ini jufa dilengkapi dengan lampu LED opsional dan konektivitas telekomunikasi terbaru.
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013