Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil balap Inggris, Caterham, meluncurkan koleksi sepeda motor pertama yang mereka disebut "SUV roda dua" dan sepasang sepeda listrik.

Sepeda motor yang dinamai Brutus 750 dan akan mulai dijual awal tahun depan itu memiliki ban tebal dan bisa digunakan di jalur sepeda, jalur off road, dan jalur bersalju dengan sedikit modifikasi.

"Brutus memberikan kesederhanaan dan fleksibilitas dalam berkendara dengan mesih satu silinder 750cc yang mengalirkan tenaga melalui gearbox otomatis,"  demikian pernyataan perusahaan yang dilansir laman DailyMail.

Sepeda motor itu diklaim sebagai sepeda motor pertama yang menggunakan transmisi otomatis seperti "SUV dua roda yang pertama."

Caterham juga meluncurkan dua sepeda listrik yang bisa dikendarai di jalanan tanpa surat ijin mengemudi namun sejauh ini belum ada laporan mengenai seberapa cepat model-model itu bisa berjalan.

Juru bicara perusahaan mengatakan kepada MailOnline bahwa "Sepeda-sepeda  itu masih berbentuk prototipe sehingga belum melalui uji performa."

Classic E-Bike memiliki desain retro serta kemampuan berkendara hingga 45 mil atau 72 kilometer sedang Carbon E-Bike terinspirasi dari teknologi Formula 1 Caterham.

Keduanya memiliki dashoard dengan layar LED yang menunjukkan status baterai, spedometer, trip meter dan jarak.

Ketiga sepeda yang pertama kali dipamerkan di Milan Bike Show dalam bentuk prototipe itu dijual dengan harga minimal 8500 poundsterling atau kira-kira Rp150 juta.

Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2013