Jakarta (ANTARA) - Versi hatchback lima pintu dari Kia K4 sedan telah diungkapkan semalam, menjelang kedatangannya di Australia yang diperkirakan pada akhir tahun 2025.

Foto pertama dari K4 versi hatchback terungkap dan mengejutkan pencinta otomotif bersamaan dengan peluncuran sedan, yang menggantikan Cerato (juga dikenal sebagai Forte dan K3 di beberapa negara) dan mengkonsolidasikan jajaran mobil kecil Kia di bawah satu lencana.

Laman Drive, Kamis, melaporkan bahwa waktu kedatangannya di showroom Australia belum dikonfirmasi, dan perusahaan asal Korea Selatan ini belum mengkonfirmasi apakah hatchback yang diberi lencana '5DR' pada gambar-gambar di Amerika ini akan dijual di Australia.

Baca juga: Kia pekerjakan mantan desainer Mercedes Benz dan BMW

Kia K4 Hatchback (ANTARA/Kia)

Baca juga: Hyundai-KIA tarik 170 ribu EV akibat kesalahan perangkat lunak

Namun berdasarkan peluncuran Cerato yang akan datang, kemungkinan K4 hatchback akan sampai di showroom diler menjelang akhir tahun 2025, setelah peluncuran sedan yang dikonfirmasi pada kuartal pertama 2025 (Januari hingga Maret).

Lebih banyak kesamaan antara K4 hatchback dan K4 sedan dibandingkan perbedaannya, dengan bagian depan yang sama, dan keempat pintu samping. Namun versi hatchback memotong bagasi panjang sedan, dan menambahkan bak truk konvensional yang dapat diangkat, ditambah trim hitam pada pilar jendela belakang.

Varian GT-Line juga mendapatkan sisipan sewarna bodi untuk bumper depannya.

Baca juga: Kia gencarkan pendekatan ke konsumen melalui pameran di Kelapa Gading

Kia hanya memberikan sedikit rincian tentang hatchback, selain mengonfirmasi bahwa mobil ini akan tiba di showroom Amerika Serikat (AS) pada tahun 2025 - setelah sedan pada paruh kedua 2024.

Mesin ini diharapkan dapat menandingi pilihan mesin bensin non-turbo 2.0-liter 110kW/179Nm dan mesin bensin empat silinder 1.6-liter turbocharger 142kW/264Nm, dengan versi hibrida (hybrid) yang kabarnya sedang dipertimbangkan, menurut laporan media AS.

Interior sedan dengan tiga layar - instrumen 12,3 inci, infotainment 12,3 inci, dan layar kontrol iklim 5,0 inci - sepertinya akan tetap dipertahankan, begitu juga dengan daftar fitur keselamatan yang lebih panjang dari model sebelumnya.

Baca juga: Hyundai dan Kia pada 2023 produksi 3,68 juta mobil di luar Korea

Baca juga: Mobil ramah lingkungan grup Hyundai capai 5 juta unit secara global

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024