Jakarta (ANTARA News) - Mengaplikasikan wax ke badan atau bodi mobil agar mencerahkan warna mobil tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut spesialis produk perawatan cat dan interios mobil, Turtle Wax, Iyong, ada beberapa cara menggunakan wax yang baik.

"Yang penting, aplikasikan wax-nya setelah dicuci dan dalam keadaan kering," kata Iyong, di sela Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), di Jakarta, Minggu.

Dia menyebutkan, setelah dicuci, mobil harus dikeringkan terlebih dahulu agar wax bisa menempel dengan maksimal.

"Mengeringkannya dengan kain chamois agar kering sempurna," katanya.

Cara yang baik untuk mengaplikasikan wax pada bodi mobil yakni dengan cara memutar dengan tekanan merata di setiap sisi bodi mobil atau bagian-bagian yang ingin diberi wax

"Makin lama makin bagus. Setelah itu baru dilap dengan lap mikrofiber," katanya. Sangat pas jika permukaan bodi mobil dalam keadaan dingin, bebas embun dan kotoran mikro, yang bisa menggerus lapisan vernis paling luar cat.

Biasanya, penghobi dan pemuja ke-kinclong-an mobil melapisi cat di seluruh bodi mobilnya pada malam hari, karena tingkat penyerapan wax paling maksimal pada saat-saat itu. 

Dia melanjutkan bahwa penggunaan wax harus sesuai dengan ketentuannya. Dia mencontohkan bahwa wax untuk jendela harus digunakan di jendela.

"Termasuk wax yang khusus warna hitam jangan digunakan ke bodi dengan warna lain," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013