Jakarta (ANTARA News) - Toyota Etios Valco yang baru diluncurkan Maret 2013 langsung mendapat respon positif dari masyarakat dan saat ini menjadi pemimpin pasar "city car" dengan penguasaan pasar di atas 24 persen.

"Hingga saat ini Etios Valco meraih penjualan lebih dari 9.500 unit atau rata-rata 1.500 unit lebih per bulan. Keberhasilan Etios Valco menjadi pemimpin pasar dalam waktu singkat tidak lepas dari image Toyota di masyarakat," kata GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati, di arena Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), Jakarta, Jumat.

Widyawati mengatakan sejak awal diluncurkan Etios Valco memang ditargetkan untuk mendapat penguasaan pasar minimal 20 persen dan meraih penjualanlebih dari 12.000 unit hingga akhir tahun.

Target tersebut memang tidak terlalu besar karena pemain di segmen city car low hatcback cukup banyak. Segmen "low hatcback" tumbuh sangat pesat dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 127 persen dalam tiga tahun terakhir.

Widyawati mengatakan, Etios Valco awalnya dikembangkan untuk pasar India. Namun, TAM melakukan pengembangan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap konsumen sebelum dipasarkan di Indonesia.

Menurut Widyawati, konsumen Toyota di Indonesia ternyata memiliki karakter yang berbeda dengan India, yaitu lebih mengutamakan kenyamanan, tidak kompromi terhadap sistem keamanan dan memiliki selera yang lebih tinggi untuk eksterior.

"Karena itu, Etios Valco di Indonesia berbeda dengan di India yang seperti mobil boom boom car, tidak memiliki head rest. Selain itu, Etios Valco level terendah pun sudah dilengkapi dengan dual airbag. Eksteriornya lebih bagus karena masyarakat Indonesia ternyata memiliki selera yang lebih tinggi," tuturnya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013