Jakarta (ANTARA) - Mengatakan bahwa membuat hypercar adalah satu hal menakjubkan, namun memulai produksi adalah hal yang berbeda, itulah fase proses yang baru saja dimasuki oleh Praga dengan mobil balap barunya, Bohema.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2022, Bohema ditenagai oleh mesin V6 3,8 liter yang dipinjam dari Nissan GT-R. Berkat sistem dry sump system (metode mengelola pelumas pada mesin pembakaran yang digerakkan oleh piston) dan sepasang turbocharger baru, mesin ini mampu menghasilkan 700 hp (522 kW/710 PS) dan torsi 534 lb-ft (724 Nm).

Meskipun banyak hypercar yang mengklaim dapat menghasilkan tenaga besar, namun hanya sedikit yang dapat menghasilkan tenaga besar namun tetap ringan. Berkat konstruksi serat karbonnya, mobil ini memiliki berat kurang dari 2.205 lbs (1.000 kg), yang diharapkan Praga akan membuatnya menjadi monster di lintasan balap.

Baca juga: Toyota pamerkan mobil sport EV pertama dari lini GR di JMS 2023

Baca juga: Honda kuatkan sensasi "sporty" lewat suara di CR-V RS e:HEV


Bohema telah menjalani program pengujian yang melelahkan, mengunjungi arena balap terkenal di dunia seperti Spa-Francorchamps di Belgia, Red Bull Ring di Austria, dan Nurburgring di Jerman.

Praga Bohema (ANTARA/Pragaglobal.com)

Selama itu, pembalap F1 dan IndyCar ternama, Romain Grosjean, dan mantan pembalap Stig, Ben Collins (selain pembalap penguji Praga, Josef Kral) telah mengemudikan mobil ini dan memberikan umpan balik tentang mobil ini.

Perusahaan asal Ceko ini berharap, hal tersebut akan membuat Bohema menarik bagi para kolektor hypercar. Dan memang seharusnya begitu, karena harganya yang mencapai 1,48 juta dolar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp23 miliar), akan membuatnya berada di luar jangkauan sebagian besar peminat.

Dirakit di pabrik Praga di Republik Ceko, perusahaan ini berencana untuk mengirimkan contoh pertama Bohema kepada pelanggan pada pertengahan 2024. Produksi akan berlangsung selama empat tahun, namun produsen mobil ini mengatakan bahwa mereka hanya akan memproduksi Bohema dalam jumlah yang sangat terbatas.

"Ini adalah tonggak penting bagi Praga dalam sejarah panjang 117 tahun. Kami sangat bangga dapat memulai produksi hanya satu tahun setelah mengungkapkan prototipe mobil Bohema. Kami memantau setiap tahap proses pembuatan dengan sangat cermat untuk memastikan bahwa mobil produksi Bohema sesuai dengan, dan bahkan melebihi, harapan pelanggan kami.” kata Pemilik Praga, Thomas Kasparek, sebagaimana dilansir Carscoops, Rabu (17//1).

Baca juga: Lima mobil "tua" yang bebas diniagakan di Amerika Serikat pada 2024

Baca juga: 7 mobil lelang termahal tahun 2023

Baca juga: Mobil konsep Toyota di JMS, dari model sport hingga untuk luar angkasa

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024