Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih dua penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pabrik yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat.

Pada tahun ini pula, PT TMMIN berhasil meraih penghargaan PROPER Emas untuk pertama kalinya sedangkan pabrik TMMIN Karawang 1 dan Karawang 2 berhasil PROPER Hijau periode 2022-2023.

Presiden Direktur PT TMMIN Nandi Julyanto dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa melalui tinjauan dan evaluasi yang transparan terhadap praktik lingkungan perusahaan, PROPER berperan penting dalam memastikan kepatuhan perusahaan terhadap standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Lebih dari sekadar instrumen evaluasi, PROPER juga menjadi panduan dalam peningkatan kinerja lingkungan yang lebih tepat sasaran. Keikutsertaan aktif dan pencapaian yang baik dalam PROPER pun tidak hanya meningkatkan reputasi, tetapi, juga memperkuat kredibilitas perusahaan sambil kami terus mendorong bisnis berkelanjutan yang selaras dengan kebijakan lingkungan di skala nasional maupun global untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” kata Nandi.

Baca juga: Toyota serahkan bantuan Sienta Welcab Disability ke RS Soeharso

Penghargaan itu dilaksanakan oleh pemerintah guna melestarikan lingkungan serta mendorong kepatuhan terhadap regulasi lingkungan, sambil memberikan nilai tambah pada pelestarian sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat. Evaluasi kinerja lingkungan mencakup kontrol pencemaran air dan udara, manajemen limbah berbahaya B3, serta upaya pemberdayaan masyarakat, menjadi indikator penting dalam program itu.

Program positif yang dicanangkan oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu itu menjadi penyemangat bagi TMMIN untuk menciptakan inovasi dalam pengelolaan lingkungan dan juga mendorong pengembangan teknologi, proses produksi, dan praktik baru yang lebih ramah lingkungan mendukung target Net Zero Emision pada tahun 2035 di area pabrik.

TMMIN berupaya menghasilkan kendaraan beremisi rendah, menyusun rantai pasokan yang berkelanjutan, membangun fasilitas produksi dengan jejak karbon rendah, mengurangi konsumsi air, menerapkan sistem daur ulang limbah, dan membangun keseimbangan harmonis antara komunitas dan lingkungan alam.

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam menambahkan bahwa penghargaan PROPER Emas memberikan dorongan bagi Toyota untuk terus berinovasi dalam pengelolaan lingkungan, pengembangan teknologi, proses produksi, serta praktik-praktik baru yang lebih ramah lingkungan.

“Hal ini tentunya mendukung target pemerintah mencapai target karbon netralitas di tahun 2060 yang dapat dicapai melalui pendekatan Triple Helix (Pemerintah – Bisnis – Akademisi) untuk kontribusi terhadap pengembangan berkelanjutan di Indonesia,” Bob menambahkan.

PROPER Emas adalah penghargaan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Sementara PROPER Hijau adalah diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari yang dipersyaratkan dan telah mempunyai keanekaragaman hayati.

Baca juga: TMMIN gelar seminar nasional di Universitas Gajah Mada

Baca juga: Ini deretan pemenang ajang Forwot Cars and Motorcycle of The Year 2023

Baca juga: Adaro meraih penghargaan PROPER Emas untuk keenam kalinya

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023