Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif Korea Selatan Hyundai Motor Co., pada Selasa (19/12) mengumumkan bahwa mereka memutuskan menjual pabrik manufakturnya di Rusia, yang telah ditangguhkan akibat dampak perang Rusia dan Ukraina.

Perusahaan tersebut menyatakan dalam pengumuman resmi bahwa penjualan Hyundai Motor Manufacturing Rus LLC di Saint Petersburg, Rusia, telah disetujui dalam pertemuan luar biasa dewan direksi yang diselenggarakan pada hari itu.

Dewan juga memutuskan untuk menjual pabrik milik General Motors Co. di Saint Petersburg dengan kapasitas tahunan sebanyak 100.000 unit, yang diakuisisi oleh Hyundai Motor pada tahun 2020.

Baca juga: Hyundai Motor sedang pertimbangkan penjualan pabriknya di Rusia

Pembeli diketahui sebagai perusahaan Rusia, Art-Finance LLC. Hyundai Motor menyatakan bahwa kesepakatan ini dilengkapi dengan klausul yang memungkinkan mereka membeli kembali pabrik tersebut dalam waktu dua tahun setelah penjualan.

Meskipun menjual pabrik, perusahaan otomotif ini menegaskan bahwa mereka akan terus menyediakan layanan purna jual kepada pembeli kendaraan Hyundai di Rusia.

Pabrik di St. Petersburg, yang mulai beroperasi pada tahun 2010, menangguhkan operasinya pada Maret 2022 karena tantangan yang terkait dengan pasokan komponen akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Baca juga: Geely bangun pabrik baru demi target penjualan 2juta mobil

Pabrik tersebut sebelumnya memproduksi model Hyundai Solaris, Hyundai Creta, Kia Rio, dan Kia Rio X-Line dengan kapasitas tahunan lebih dari 200.000 unit.

Penangguhan operasi pabrik Rusia ini menyebabkan penjualan Hyundai Motor di Rusia merosot. Menurut Asosiasi Bisnis Eropa, penjualan Hyundai Motor turun drastis menjadi hanya enam unit pada bulan Agustus dari 2.892 unit pada tahun sebelumnya.

Pada satu waktu, Hyundai Motor pernah menjadi penjual kendaraan terbesar ketiga di Rusia.

Pada tahun 2007, Hyundai Motor memasuki pasar Rusia dengan mendirikan anak perusahaan sepenuhnya di negara tersebut.

Tiga tahun kemudian, mereka menyelesaikan pembangunan pabrik di Saint Petersburg dan memulai produksi lokal pada tahun berikutnya. Demikian disiarkan Yonhap Selasa (19/12).

Baca juga: Chery dalam pembicaraan dengan pabrik mobil Rusia
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023