Frankfurt (ANTARA News) - Rencana merek super mewah Bentley membuat kendaraan jenis sport utility van (SUV) membuat merek mewah lainnya mengawasi dengan cermat sambil mempertimbangkan untuk membuat kendaraan sejenis.

Bentley pekan ini mengumumkan akan meneruskan rencana membangun "SUV paling mewah dan paling bertenaga".

Ahli otomotif asal Jerman, Ferdinand Dudenhoeffer mengatakan SUV adalah segmen kendaraan paling cepat pertumbuhannya namun hingga kini di pasaran belum ada SUV jenis paling mewah.

Porsche, yang merupakan "saudara" Bentley karena sama-sama dimiliki Volkswagen, penjualannya meningkat tajam setelah memperkenalkan SUV Cayenne.

"Ada celah yang ingin diisi oleh Bentley dan merek lainnya mengawasi dengan cermat. Bentley akan menjadi yang pertama membuat SUV super mewah, dan merek lain akan menyusul," kata Dudenhoeffer seperti dikutip AFP.

Lamborghini dan Maserati sedang mencermati pasar SUV. Target pasar SUV super mewah adalah kalangan paling kaya di China dan Rusia.

"SUV Bentley akan punya 'darah murni' yang jadi ciri khas Bentley yaitu kemewahan, kemampuan, kualitas dan keahlian tangan," kata pernyataan Bentley. "Banyak pelanggan kami yang bilang ingin SUV Bentley."

SUV kelas atas dari keluarga VW adalah VW Touareg, Audi Q7, dan Porsche Cayenne.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013