Jakarta (ANTARA) - Empat pembalap tim Honda Racing Corporation (HRC) yaitu Rubén Fernández dan Tim Gajser yang tampil di MXGP, serta Iker Lecuona dan Xavi Vierge yang berkompetisi di WorldSBK, kembali menyambangi ke Indonesia dan mengaku merindukan sambutan yang hangat dari masyarakat.

Baik Tim Gasjer maupun Rubén Fernández telah beberapa kali mengunjungi Indonesia. Keduanya kerap mendapatkan sambutan hangat dari setiap penggemar balap motor dunia di Indonesia.

"Saya sudah beberapa kali ke sini yaitu ke Sumbawa dan Lombok. Apa yang bisa dikatakan adalah saya menyukai sambutan hangat dari semua orang. Mereka sangat terbuka kepada kami. Orang-orang di sini memiliki antusiasme tinggi terhadap kejuaraan balap motor," kata Fernández saat sesi jumpa media "The Ultimate Ride: Motul & HRC Together in Indonesia" di Jakarta, Rabu.

Fernández tak bisa menyembunyikan rasa senang ketika melihat banyak orang Indonesia yang memiliki minat tinggi untuk mengikuti setiap ajang balapan motor dunia.
 
(kiri ke kanan): Pembalap tim HRC MXGP yaitu Tim Gajser dan Rubén Fernández saat sesi jumpa media pada kegiatan "The Ultimate Ride: Motul & HRC Together in Indonesia" di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Ahmad Faishal)


"Sangat menyenangkan berada di Indonesia, melihat sisi jalur balapan dipadati oleh orang-orang yang menyaksikan kami bertarung. Kami jadi bisa melihat dan mengenal lebih dekat dengan para penggemar balap motor di sini," kata Fernández mengakui.

Senada dengan Fernández, pembalap Tim Gajser mengungkapkan bahwa dia juga menyukai atmosfer kejuaraan balap motor yang ditunjukkan oleh para penggemar di Indonesia.

"Kami kali pertama ke sini beberapa tahun lalu, sepertinya tahun 2017. Sangat senang karena kami melihat banyak sekali penonton yang menyaksikan balapan, banyak penggemar, dan atmosfer selalu menyenangkan. Semua orang sungguh ramah dan menyapa kami. Tentu menjadi hal menyenangkan untuk datang lagi ke sini dan balapan di hadapan para penggemar motor," tutur Gajser.

Sedangkan dua pembalap tim HRC WorldSBK yaitu Iker Lecuona dan Xavi Vierge mengaku sempat menghabiskan masa berlibur mereka di Bali dan Lombok. Keduanya terpukau dengan keindahan panorama kedua pulau tersebut.
 
Empat pembalap dari Honda Racing Corporation (HRC) yaitu (kiri ke kanan) Iker Lecuona - Xavi Vierge yang berkompetisi di WSBK dan Tim Gajser - Rubén Fernández yang tampil di MXGP di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Ahmad Faishal)


"Memang, sih, kondisi di sini panas sekali, ya, namun, tetap saja banyak hal menyenangkan. Saya suka orang-orangnya yang mendukung penuh kami dan menggemari hal-hal mengenai motor. Saat Superbike pun banyak sekali penonton yang datang. Itu sangat menyenangkan. Saya juga sempat berlibur di Bali. Negeri ini sangat indah," kata Lecuona.

"Saya kali pertama datang tahun 2018 untuk berlibur. Saat itu saya menyadari bahwa ada rencana untuk menggelar kejuaraan di Lombok. Saat melihat rencana proyek itu, saya begitu meyakini bahwa hal itu bakal menjadi sangat keren. Akhirnya, tahun lalu saya bisa datang lagi ke sini dan menikmati semua hal," kata Xavi Vierge.

Xavi Vierge juga menambahkan bahwa dia mendapatkan dukungan besar dari masyarakat Indonesia selama mengikuti kejuaraan WorldSBK di Mandalika.

"Benar sekali seperti apa yang dikatakan rekan-rekan saya bahwa hal yang paling menyenangkan adalah mendapatkan dukungan dari semua masyarakat di sini. Meski kami berasal dari negara lain, namun saat balapan kami justru mendapatkan dukungan dari penggemar Indonesia. Luar biasa sekali menyadari betapa tinggi minta masyarakat terhadap dunia balap motor," kata Xavi seraya tersenyum.

Baca juga: Intip profil empat pembalap HRC yang datang ke Indonesia

Baca juga: "Riders" HRC sapa penggemar balap motor Tanah Air

Baca juga: Marquez umumkan pisah dengan HRC di akhir musim MotoGP mendatang

Baca juga: Pedrosa yakin Iannone masih bisa tampil kompetitif di WSBK
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023