Jakarta (ANTARA) - Industri otomotif yang berkembang dengan cepat, memaksa produsen pendukung untuk mengikuti hal tersebut dengan menghadirkan komponen yang berkualitas baik seperti yang dilakukan oleh PT. Faito Racing Development Indonesia melalui produk bearing yang menggunakan retainer wood laminated phenolic (composite wood).

Engineer PT. Faito Racing Development Indonesia, Gunawan mengatakan bahwa bearing ini secara khusus diciptakan untuk meningkatkan kinerja mesin motor. Tak hanya itu, bearing dengan retainer composite wood dikenal memiliki daya tahan yang tinggi.

“Selain menggunakan retainer berbahan wood laminated phenolic, bearing Faito S720 memiliki internal clearance atau celah bearing C4, hal ini untuk memaksimalkan pelumasan ketika bearing bekerja dalam putaran tinggi,” kata Gunawan melalui keterangan resminya, Selasa.

Baca juga: Lima bagian motor yang perlu diperhatikan saat cuaca panas

Selain dapat memaksimalkan pelumasan, bearing dengan retainer wood laminated phenolic ini juga diklaim memiliki keunggulan lain seperti sifatnya yang dapat melumasi secara mandiri, sehingga bearing Faito S720 mengurangi terjadinya keausan saat mesin baru dihidupkan, di mana oli mesin belum disirkulasikan ke semua komponen mesin.

Menurut dia, bearing merupakan komponen vital dalam sebuah kendaraan. Bagaimana tidak, komponen ini dirancang untuk mengurangi gesekan antara dua bagian yang berputar, seperti poros dan dudukannya, sehingga memungkinkan gerak perputaran yang lebih lancar, halus, dan efisien.

Baca juga: Tiga komponen yang wajib diperhatikan oleh pengguna kendaraan metik

Saat ini, bearing yang paling banyak digunakan adalah tipe radial ball bearing. Bearing jenis ini memiliki bantalan berbentuk bola baja dengan satu alur. Radial ball bearing juga memiliki kode tertentu untuk menyatakan dimensi dan karakter bearing tersebut.

Bearing Faito S720 diklaimnya memiliki beberapa sifat utama yaitu tahan akan tegangan tinggi, tahan terhadap temperatur tinggi, self lubricant, tahan akan pengaruh korosi dan senyawa kimia serta terhadap keausan.

Menurut dia, bearing Faito S720 sangat direkomendasikan untuk sepeda motor yang dipakai sehari-hari, maupun untuk motor yang digunakan untuk turing atau balap.

Bearing Faito S720 tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari satuan hingga berupa paket sehingga lebih praktis dan ekonomis. Pengguna juga dapat menyesuaikan pilihan bearingnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Jangan sembarang pakai komponen racing pada motor harian

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023