Beijing (ANTARA) - China akan melakukan uji coba akses pasar untuk kendaraan terkoneksi pintar (intelligent connected vehicle/ICV) dan memberinya izin untuk beroperasi di jalan raya, demikian diungkap pihak berwenang.

Pihak berwenang akan memilih beberapa model ICV yang dilengkapi dengan fungsi kemudi otomatis, yang dapat diproduksi secara massal, guna memberikan akses pasar dan menguji kendaraan-kendaraan yang terpilih di jalan-jalan raya yang telah ditentukan, menurut surat edaran yang dirilis oleh empat kementerian, termasuk Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China serta Kementerian Transportasi China.

Program uji coba tersebut diharapkan dapat mendorong kemunculan ICV yang inovatif, memastikan operasi yang aman, dan membuat industri otomotif terintegrasi dengan sektor-sektor lain seperti energi baru, kecerdasan buatan, dan komunikasi.

Program itu merupakan lanjutan dari uji coba jalan raya terbuka yang dilakukan sebelumnya untuk meneliti dan mengembangkan ICV, yang membuktikan bahwa beberapa model dapat diproduksi secara massal. Data resmi menunjukkan bahwa hingga akhir Agustus, uji coba jalan raya terbuka untuk ICV telah mencapai lebih dari 20.000 km di China. 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023