Jakarta (ANTARA) - Mercedes-AMG, sub brand dari Mercedes-Benz untuk mobil performa tinggi, mengungkapkan harga mobil plug-in hybrid terbarunya Mercedes-AMG GLE 54 Hybrid 4Matic+ yang tersedia dalam dua model, SUV dan coupe, yang melengkapi porfolio mobil ramah lingkungannya.

"Dengan GLE 53 Hybrid sebagai SUV dan coupé, kami menawarkan kombinasi unik antara kelincahan, kenikmatan berkendara, dan jangkauan listrik murni," kata Ketua Dewan Manajemen Mercedes-AMG GmbH dan Kepala Unit Bisnis Mercedes-Benz G-Class & Mercedes-Mayback Michael Schiebe dalam pernyataan resmi, Selasa.

Mercedes-AMG GLE 53 Hybrid 4Matic+ dibekali mesin turbo enam silinder segaris 3,0 liter yang dikombinasikan dengan motor listrik 100 kW, baterai traksi berkapasitas 31,2 kWh, dan penggerak semua roda AMG Performance 4Matic+ variabel penuh.

Baca juga: Mercedes sebut sudah mulai lakukan pembaruan mobil untuk 2024

Langkah-langkah pembaruan yang disematkan Mercedes-AMG mencakup perangkat lunak yang diprogram ulang dan pendingin mesin tambahan.

Kompresor tambahan listrik dapat dihilangkan pada varian hybrid karena motor listrik mengambil alih tugasnya seperti peningkatan listrik. Hasilnya: Mesin 3,0 liter bereaksi sangat spontan dan menawarkan respons yang sangat dinamis.
Mercedes-AMG GLE 54 Hybrid 4Matic+ Coupe. (ANTARA/Mercedes-Benz AG)


Torsi maksimum motor listrik sebesar 480 Nm tersedia sejak putaran pertama dan menjamin kelincahan tinggi bahkan saat start, klaim Mercedes-AMG mengenai GLE 53 Hybrid.

Secara keseluruhan, output yang dihasilkan oleh GLE 53 Hybrid 4Matic+ ini 400 kW (544 hp) dan torsi sistem maksimum sebesar 750 Nm yang memungkinkan performa berkendara yang mengesankan. Akselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam membutuhkan waktu hanya 4,7 detik.

Baca juga: SUV listrik Mercedes-AMG EQE dijual mulai Rp1,6 miliar

Penggeraknya hanya berakhir pada kecepatan yang dibatasi secara elektronik yaitu 250 km/jam. Kecepatan hingga 140 km/jam dapat dicapai secara elektrik. Dengan tenaga listrik murni, mobil ini mampu menjangkau 80‑86 kilometer (SUV) dan 82‑87 kilometer (Coupé).

Pengisi daya dengan daya pengisian 11 kW tersedia untuk mengisi daya dengan arus bolak-balik. Selain itu, pengisi daya cepat DC 60 kW untuk arus searah juga tersedia berdasarkan permintaan. Hal ini memungkinkan baterai terisi dari 10-80 persen dalam waktu 20 menit.

Mercedes‑AMG 53 Hybrid 4Matic+ baru mengadopsi berbagai perubahan desain dan perlengkapan pada model GLE bertenaga konvensional yang telah tersedia sejak Musim Semi 2023. Selain itu, hibrida plug-in dapat dikenali dari elemen desain khusus luar dan dalam.
Mercedes-AMG GLE 54 Hybrid 4Matic+ SUV. (ANTARA/Mercedes-Benz)


Baca juga: Mercedes-AMG G 63 edisi terbatas resmi diluncurkan

Aliran masuk udara pendingin yang terintegrasi ke bagian tengah pelindung depan terbuka, karena pendingin tambahan terletak di sini. Lencana khusus hybrid di spatbor depan dan belakang menunjukkan penggerak listrik.

GLE 53 Hybrid 4Matic+ hadir standar dengan velg ringan berukuran 21 inci. Sistem rem performa tinggi AMG memiliki cakram rem berventilasi internal berukuran 400x38 milimeter pada gandar depan dengan kaliper tetap enam piston dan 370x32 milimeter pada gandar belakang dengan kaliper mengambang satu piston.

Baca juga: Mercedes-AMG One masuki produksi, dirakit dengan tangan

Di dalam, sistem infotainment MBUX mencakup tampilan dan fungsi khusus hybrid. Ini termasuk menu pengisian daya dan tampilan di kluster instrumen dan layar multimedia, yang memberikan informasi, antara lain status pengisian daya dan suhu baterai bertegangan tinggi serta jangkauan listrik.

Mercedes-AMG GLE 53 Hybrid 4Matic+ SUV dipasarkan dengan harga 125.515 euro (Rp2,1 miliar), sedangkan yang model Coupe dibanderol 133.851 euro (Rp2,2 miliar).

Baca juga: Menilik kelebihan Mercedes-Benz GLE Coupe & Mercedes-AMG GLE 53 Coupe
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023