Bogor (ANTARA News) - Bus Chassis O 500 R 1836 yang diluncurkan Mercedez-Benz Indonesia dilengkapi kursi yang dipasangi alat pijat untuk penumpangnya.

"Ini karena permintaan konsumen yang menginginkan lebih dari bus mewah," kata Direktur Penjualan Kendaraan Komersial Mercedez-Benz Indonesia Olaf Peterson saat peluncuran bus ini di Wanaherang, Bogor, Senin.

Olaf menjelaskan permintaan bus yang nyaman saat ini semakin banyak dan pasar semakin kompetitif.

"Saya rasa bus dengan toilet sudah banyak dan kalau ada permintaan fasilitas yang lain, kami akan mengusahakan di masa yang akan datang," katanya. 

O 500 R 1836 memiliki panjang 12,8 meter sehingga bisa menambah satu baris kursi ekstra dibandingkan dengan standar bus 12 meter. 

"Lebih dari itu, karena desain ruangnya, bus ini menawarkan bagasi luas bagi para penumpang untuk menyimpan barang-barang," katanya.

Olaf menilai dengan memperkenalkan chassis bus O 500 R 1836, maka posisi Mercedes-Benz di pasar bus Indonesia semakin kuat.

Bus O 500 R 1836 berfitur Electronic Brake System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS) dan Acceleration Skid Control (ASR) itu merupakan terobosan di segmennya.

"Dengan torsi mesin bus 1.750 Nm, O 500 R 1836 lebih kuat dua kali lipat dibandingkan dengan standar bus yang tersedia di pasar," tuturnya. 

Bus ini juga dilengkapi teknologi Voith retarder yang secara signifikan mengurangi operasi services brake hingga 85 persen.

"Dengan demikian, hal itu juga meningkatkan umur pakai brake linings hingga delapan kali lipat," katanya.
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013