Yogyakarta (ANTARA News) - Tim Mobil Listrik Garuda Universitas Negeri Yogyakarta akan mengikuti "2013 International Student Green Car Competition" di Songsan-myeon Hwaseong Gyeonggi-Do, Korea Selatan, 24--25 Mei 2013.

"Tim itu merupakan satu-satunya delegasi dari Indonesia yang berkompetisi pada `event` tersebut," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Rochmat Wahab di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia pada pelepasan Tim Mobil Listrik Garuda UNY, tim mendapat sponsor dari maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia Tbk. Mobil itu menggunakan dua buah motor listrik jenis BLDC berdaya 3KW.

"Dengan tenaga yang setara tujuh tenaga kuda, mobil F1 listrik dapat mencapai `top speed` 75 kilometer per jam, dan hanya membutuhkan waktu 17 detik untuk menempuh jarak dari 0-200 meter," katanya.

Selain melepas Tim Mobil Listrik Garuda UNY, Rochmat juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. Mereka mendapatkan penghargaan karena apa yang telah diukir melalui prestasi itu telah mengibarkan bendera UNY.

"Kalian patut mendapat penghargaan karena telah menjadi duta UNY pada tingkat nasional dan internasional. Prestasi itu akan terus dibawa pada saat hidup di masyarakat kelak," katanya.

Menurut dia, keberhasilan mahasiswa tidak lepas dari peran dosen pembimbing, wakil rektor, pimpinan fakultas, dan bidang kemahasiswaan yang mendukung mahasiswa untuk meraih prestasi.

"Pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi dan membawa nama harum UNY itu dalam rangka Dies Natalis ke-49 UNY sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional," katanya.

Ketua Panitia Cipto Budi Handoyo mengatakan, UNY pada 2013 memberikan penghargaan kepada 499 mahasiswa yang telah mencapai prestasi tinggi, baik pada tingkat internasional, nasional, regional maupun daerah pada bidang penalaran, olahraga, seni, dan minat khusus.

"Mahasiswa sebanyak itu terdiri atas 150 mahasiswa berprestasi pada bidang penalaran, 240 mahasiswa pada bidang olahraga, 41 mahasiswa pada bidang seni, dan 62 mahasiswa pada bidang minat khusus," katanya.

(B015/M008)
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013