Jakarta (ANTARA) - Perawatan kendaraan secara berkala penting guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti mesin mobil mati tiba-tiba saat digunakan pemiliknya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin kendaraan mati mendadak, dan berikut tujuh di antaranya menurut Suzuki dikutip dari laman resminya, Minggu:

1. Bahan bakar habis
Penyebab matinya mesin yang paling mudah untuk diidentifkasi adalah karena habisnya bahan bakar kendaraan tersebut. Kondisi ini memang bisa terjadi ketika pemilik lupa tidak mengisi bahan bakar kendaraan. Nantinya, mesin mobil akan kembali hidup dan beroperasi ketika Anda sudah mengisi bahan bakar.

Baca juga: Ini komponen yang harus dicek agar mobil prima usai digunakan mudik

2. Starter mobil
Kejadian mesin tiba-tiba mati ini juga dapat disebabkan karena starter mobil yang bermasalah. Sistem starter mobil memang merupakan komponen penting karena berfungsi untuk menyalakan mesin mobil.

Tanda permasalahan pada komponen ini adalah timbulnya suara keras ketika mencoba menghidupkan mesin mobil, mesin mobil tidak hidup, starter mobil bekerja terlalu lemah, hingga starter mobil yang terlalu keras.

3. Sistem mekanis bermasalah
Mesin mobil mati mendadak juga bisa disebabkan karena komponen-komponen mekanis mobil mengalami kerusakan. Kerusakan ini disebabkan karena mesin mobil kurang terawat. Padahal sebenarnya, Anda perlu melakukan servis secara berkala terhadap mesin mobil.

4. Mesin panas
Mobil yang terus menerus digunakan dengan intensitas rutin dan jarang beristirahat maupun service berkala dapat menjadi pemicu mesin mengalami overheat. Overheat pada mobil yang dibiarkan begitu saja secara terus menerus bisa menyebabkan permasalahan atau kerusakan mesin.

Hal inilah yang memicu mobil sering mati mendadak ketika berkendara. Selain itu, overheat mesin mobil akibat kekurangan cairan air radiator juga bisa menjadi penyebab lainnya. Coba berhenti sejenak dan periksa kembali kondisi air radiator. Jika kekurangan air, maka pastikan untuk segera mengisinya kembali agar mesin mobil bisa bekerja kembali.

Baca juga: Perawatan yang harus diperhatikan pemilik mobil Hybrid

5. Sistem pengapian dan asupan udara
Sistem pengapian yang mengalami gangguan menyebabkan mesin mobil bisa mati mendadak. Artinya, kemungkinan terjadi permasalahan pada koil dalam sistem pengapian yang bekerja tidak optimal.

Pemilik bisa melakukan pengecekan pada bagian sekring mesin mobil. Kondisi sekring yang putus bisa mempengaruhi kinerja koil sistem pengapian. Selain itu, sistem asupan udara yang bermasalah akan mengganggu proses pembakaran bahan bakar dalam mesin mobil. Akibatnya, mesin mobil bisa mengalami mati mendadak ketika sedang berjalan.

Komponen yang rentan mengalami permasalahan pada sistem asupan udara mesin mobil adalah bagian air cleaner, filter udara, boks air cleaner, dan lain sebagainya.

6. Gangguan pada aki

Tidak jarang, kendaraan bisa tiba-tiba tidak bisa di-starter itu disebabkan karena aki yang bermasalah. Pada umumnya, kondisi seperti ini sering dialami oleh mobil yang sudah berusia cukup tua. Hal ini karena memang akinya akan mengalami penurunan performa ketika sudah digunakan cukup lama.

Pada umumnya, aki mobil digunakan selama dua hingga tiga tahun, kemudian sebaiknya diganti. Hal ini karena aki tidak akan bekerja secara optimal terhadap mesin mobil ketika sudah digunakan lebih dari tiga tahun.

7. ECU bermasalah
Faktor penyebab lainnya mobil mati mendadak saat berjalan adalah gangguan pada ECU. ECU mobil yang bermasalah memang bisa membuat pengendalian fungsi mekanis mengalami gangguan, termasuk menyebabkan mobil mati secara mendadak.

Jika mobil mengalami mati mesin secara mendadak karena ECU, maka lampu indikator check engine di dasbor mobil akan menyala. Permasalahan seperti ini tidak bisa diatasi sendiri dan hanya bisa diatasi dengan membawanya ke tempat service profesional.

Baca juga: Lima cara agar kendaraan listrik tetap lancar di cuaca ekstrem

Baca juga: Tips perawatan mobil agar tak kusam saat musim pancaroba

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023