Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Tata Motors berencana memperkenalkan versi Nano yang lebih mahal dari pada yang saat ini beredar.

Harga Tata Nano yang saat ini beredar sekitar 2.000 dolar AS, seperti dikutip dari inautonews pada Jumat (12/4).

Tata Nano diperkenalkan tahun 2008 dan berhasil menarik perhatian masyarakat walaupun tidak cukup kuat untuk menarik jumlah pembeli secara signifikan.

Produsen mobil asal India itu telah menjual Nano sebanyak 229.157 unit kendaraan sejak pengiriman pertama Juli 2009.

Sayangnya, penjualan Tata anjlok 86 persen pada Maret dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Managing Director perusahaan itu Karl Slym mengatakan pihaknya melakukan beberapa perbaikan sehingga harganya tidak jauh beda dengan harga pesaing. 

Slym juga mencontohkan mobil konsep Pixel.

Pixel adalah model hatchback dua pintu dengan kerangka Nano, tapi dengan pintu mirip "gunting" yang dapat dibuka ke atas, mesin diesel dan transmisi otomatis.

Sementara itu,  Public Relations Head Tata Motors Indonesia, Kiki Fajar, ketika dihubungi mengemukakan bahwa untuk Indonesia telah direncanakan peluncuran varian termahal Tata Nano model year 2013.

"Harga belum ditetapkan, tapi dengan komponen pajak CBU dari India bisa di atas Rp75 juta dan di bawah Rp100 juta," kata Kiki.

Kiki menjelaskan varian Tata Nano yang akan diluncurkan di Indonesia telah dilengkapi berbagai kelengkapan antara lain  power steering.

Ketika ditanya mengenai waktu peluncuran, Kiki hanya mengatakan "belum bisa kami umumkan, semuanya sedang dalam persiapan."


Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013