Jakarta (ANTARA) - Formula adiktif yang sering ditambahkan untuk campuran bahan bakar atau oli di ruang mesin, benarkah bisa menambah performa kendaraan?

Arif Budiman selaku Brand Manager produk formula adiktif Tune Id mengatakan, formula Tune Id Fuel Treatment dan Oil Booster dari perusahaannya merupakan solusi untuk membuat kendaraan lebih terawat dan meningkatkan performa.

Id Fuel Treatment dan Oil booster dapat digunakan untuk mobil dengan mesin bahan bakar bensin maupun diesel. Ini juga bisa digunakan untuk sepeda motor, mobil, truk, bus, maupun alat berat. 

"Selain menaikkan Cetane index ada Tune Id Fuel Treatment juga berfungsi memecah partikel dari bahan bakar menjadi lebih kecil yang membuat proses atomisasi bahan bakar lebih maksimal sehingga pembakaran lebih sempurna," kata Arif Budiman dalam siaran persnya, Jumat.

Arif Budiman menambahkan mencampurkan Tune Id Fuel Treatment Diesel dengan solar jenis apa pun terutama Bio Solar pada kendaraan penumpang dapat menjadikan mobil lebih bertenaga dan hemat BBM, sehingga membuat mobilitas jadi lebih nyaman serta gas buang yang ramah lingkungan.

Baca juga: Benarkah busi racing tingkatkan performa kendaraan standar?

Penggunaan formula adiktif ini pada kendaraan komersial untuk angkutan penumpang dan barang, serta alat berat akan sangat membantu dalam operasional (cost reduction) dan perawatan kendaraan.

Biasanya solar dengan durasi penyimpanan lama dengan volume besar seperti pada alat berat mengandung air dan bakteri sehingga menimbulkan problem gel dan sulit hidup saat temperature rendah, ini bisa dihindari dengan menambahkan Tune Id dengan takaran 1 persen dari jumlah solar di tangki kendaraan.

Dengan menambah additive Tune Id ini terutama bio solar akan memperbaiki kinerja pembakaran mesin sehingga bisa menghasilkan torsi yang lebih baik serta hemat bahan bakar.

Formula baru Tune Id untuk Diesel terdapat mineral khusus yang membuat kualitas solar tahan terhadap kontaminasi seperti bakteri, air, dan korosi sehingga menjadikan perlindungan komponen pompa injeksi terhadap gesekan.

Sementara Tune Id Oil Booster merupakan formula baru dan unik yang mampu secara efektif membantu kinerja pelumas mesin. Formula ini berfokus untuk meningkatkan daya alir pelumas, mengurangi gesekan antar logam dan menjaga ketahanan kualitas oli sehingga masa pakai lebih lama.

"Tune Id Oil Booster bekerja sebagai anti oksidan yang mencegah oksidasi berlebihan sehingga menjaga kualitas oli mesin. Kemudian formula ini memiliki fungsi Slidding Additive, ketika menyatu dengan partikel oli maka akan mempermudah komponen mesin bergerak sehingga mengurangi beban. Tune Id Oil Booster juga berfungsi sebagai perlindungan ekstra terhadap gesekan, tekanan dan panas," jelas Arif Budiman.

Baca juga: Teknologi turbo dorong performa pada kendaraan Daihatsu

Setelah mencampur Tune Id Oil Booster ke dalam oli mesin hasil positifnya adalah getaran mesin lebih lembut, suara mesin lebih ringan (lebih terasa di gasoline) serta menghasilkan tenaga yang lebih baik dari sebelumnya, terbukti dari hasil Dynotest pada mobil diesel, power meningkat 2,6 HP dan torsi mencapai 3,1 Nm.

Formula Tune Id Oil Booster mengandung Anti Oksidan yang dapat menjaga TBN oli (Total Base Number), karena mampu bertahan dari oksidasi berlebihan. Jika kualitas oli mesin kurang baik akan mempunyai efek delusion ke pelumas mesin serta beban kendaraan saat penggunaan akan semakin berat.

"Pada jangka panjang penambahan Tune Id Oil Booster secara berkala akan memperpanjang usia kendaraan menghemat kerusakan komponen mesin dan pemakaian bahan bakar lebih irit," kata Arif menambahkan.

Tune Id untuk mobil dijual dengan harga Rp150 ribu, sedangkan untuk sepeda motor dibanderol Rp75 ribu per botol baik untuk bahan bakar maupun campuran oli mesin.

Baca juga: Kementerian ESDM : B20 tingkatkan performa kendaraan
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023