Jakarta (ANTARA) - Pereli asal Indonesia, Julian Johan untuk pertama kalinya akan mengikuti ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang mengambil rute dari Thailand menuju Laos pada 13-19 Agustus 2023.

Untuk mengikuti ajang reli lintas negara ini, Julian Johan mempercayakan Land Cruiser 200 atau LX570 sebagai tunggangannya untuk menghadapi lintasan yang berbeda-beda di setiap negara.

Menurut pria yang akrab disapa Jeje, pemilihan kendaraan ini bukan tanpa alasan. Dia menilai kendaraan ini memiliki histori yang kuat karena telah lebih dari 25 tahun eksis di ajang rally Dakar sejak pertama kali digunakan pada tahun 1995.

“Karena ini pertama kalinya buat saya dan Reki, tapi kita coba untuk bisa nikmatin, karena proses yang harus diadaptasi banyak banget. Belum lagi membangun mobil dari nol, yang di Indonesia rumusnya belum ada karena LC 200 belum pernah dijadikan balap di Indonesia,” kata Jeje pada saat jumpa wartawan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Promosikan potensi wisata, puluhan mobil kuno reli di Sleman

Menurut dia, menggunakan mobil ini memiliki tantangan tersendiri. Hal itu dikarenakan belum pernah digunakannya kendaraan ini untuk mengikuti ajang off-road di Indonesia. Waktu mempersiapkan untuk kendaraan ini juga tidak sebentar, melainkan 1 tahun lebih.

“Jadi kita melihat tantangan terberat untuk bisa mencapai garis finish dengan smooth. Mobil (LC200) ini memang jarang digunakan untuk balapan rally karena termasuk baru,” ucap dia.

Pada ajang ini, Jeje akan ditemani dengan Recky Resanto sebagai navigatornya. AXCR dikenal memiliki karakter medan ekstrem di mana terdiri atas kontur tanah, lumpur dan aspal untuk melintasi beberapa jalur utama dan menempuh jarak kurang lebih 2.000 kilometer.

Pasangan ini, sebelumnya juga pernah mengikuti kegiatan balap rally bertaraf internasional yang diselenggarakan di Malaysia, pada 2018 lalu.

Baca juga: Sean Gelael dukung ayah tampil maksimal di Reli Danau Toba 2023
Baca juga: Tim UBL bermimpi bawa mobil listrik Neo Blits ke Reli Dakar

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023