Jakarta (ANTARA) - Merek pelumas industri dan otomotif, Castrol, bersama tim Jaguar TCS Racing sukses membuktikan performa EV Transmission Fluids pada balapan double-header ronde 10 dan 11 Jakarta E-Prix 2023.

Diketahui, salah satu pebalap dari tim Jaguar TCS Racing yakni Mitch Evans berhasil naik podium di peringkat ketiga.

"Mengambil pelajaran dari ronde-ronde sebelumnya, Castrol senantiasa mengedepankan kinerja dan efisiensi. Inilah yang menjadi acuan kami untuk mengembangkan EV fluids untuk kendaraan listrik saat ini dan di masa yang akan datang,” ucap Marketing Director Castrol Indonesia Augustnine Adrianto melalui keterangan resmi yang diterima, Senin.

Baca juga: Tips agar mesin mobil tak cepat aus

Bekerja dengan Jaguar TCS Racing telah mempercepat Castrol dalam melakukan pengembangan teknologi dan pengujian rangkaian EV fluids yang telah diuji coba pada mobil listrik milik Mitch Evans dan Sam Bird, yakni Jaguar I-TYPE 6. Tim Jaguar TCS Racing pun melihat peningkatan kinerja yang signifikan.

Meski demikian, baik Jaguar TCS Racing dan Castrol terus menguji dan mendemonstrasikan solusi yang lebih berkelanjutan yang mendukung masa depan efisiensi kendaraan listrik, termasuk sirkularitas.

Penelitian dan pengembangan itu membawa mereka menjadi tim motorsport pertama di Formula E yang menggunakan cairan transmisi yang lebih sirkular.

Castrol ON EV Transmission Fluid yang telah dimurnikan ulang, sebelumnya dikumpulkan dari fluid yang sudah dipakai pada mobil balap listrik maupun fasilitas pengujian dan kemudian melalui proses pemurnian dan penyempurnaan agar siap digunakan kembali.

Cairan EV fluids yang telah disempurnakan ulang itu pun berhasil digunakan dalam mobil balap listrik tim Jaguar TCS Racing di Monaco E-Prix 2023.

Team Director & Managing Director Jaguar TCS Racing James Barclay mengatakan, timnya menggunakan EV fluids dan pelumas inovatif untuk mendorong efisiensi di trek balap dan mendukung terobosan elusif untuk mobil listrik konvensional di mana saja.

"Ketika bertarung di Kejuaraan Dunia dengan kompetisi yang ketat, kami tidak dapat berkompromi pada performa, jadi kesuksesan penggunaan oli sirkular tanpa mengurangi performa adalah terobosan yang luar biasa,” ujarnya.

Baca juga: Castrol kenalkan oli khusus mobil yang sering terjebak macet

Baca juga: Mobil Lubricants umumkan juara "Mobil Super Contest 2022"

Baca juga: Castrol luncurkan oli khusus mobil modern dan LCGC
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023