Jakarta (ANTARA News) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengucurkan dana senilai Rp400 juta untuk membangun Rain Water Harvesting (RWH) atau memanen air hujan.

Wakil Presiden Eksektuif PT. YIMM Dyonisius Beti mengatakan Yamaha melihat masyarakat sekitar masih mengalami kekurangan air bersih dan sarana sanitasi yang buruk.

Hal itu mengilhami Yamaha untuk membuat RWH. RWH adalah suatu teknik sederhana dan murah untuk mendapatkan sumber air yang berkelanjutan dan permanen.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat dan adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang sehat," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Selasa (19/2).

Pembangunan dua Rain Water Harvesting akan dilakukan di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan, kawasan Jakarta Utara yaitu SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara.

"Saya mengajak perusahaan-perusahaan swasta lainnya untuk melakukan kegiatan positif seperti ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.

Kegiatan itu bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan mendapat dukungan dari Pemda DKI Jakarta. Usai pemberian donasi ini, pekan depan dilanjutkan dengan workshop dan pembangunan RWH yang akan selesai dalam sebulan.

(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013