Jakarta (ANTARA) - Chery International terus meraih hasil yang mengesankan di berbagai segmen industri otomotif sehingga memperkuat posisinya di tingkat global.

Kinerja perusahaan yang kuat di pasar domestik dan internasional memperlihatkan komitmennya terhadap kualitas produk, kekuatan merek, dan kepuasan pelanggan.

“Chery Group mampu mencapai kinerja luar biasa pada skala internasional dengan menjadi eksportir mobil penumpang asal China selama dua dekade. Dengan sepuluh pabrik KD di beberapa negara dan hadir di lebih dari 80 negara dan wilayah, Chery Group telah membentuk jaringan global yang luas yang terdiri dari 1.500 outlet penjualan dan layanan di luar negeri,” jelas Presiden PT Chery Sales Indonesia Shawn Xu melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Bisnis otomotif yang dinaungi oleh Grup Chery mencakup beragam sektor, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial, energi baru, dan bahkan pada sektor maritim.

Baca juga: Impresi awal mengendarai Omoda 5

Pada tahun 2022, Chery mencatat angka penjualan global yang luar biasa sebesar 1.230.000 unit dan menempati peringkat kedua pada industrinya. Melalui capaian tersebut, Chery mampu mempertahankan pertumbuhannya secara konsisten.

Angka penjualan ekspor Chery International juga menggambarkan pertumbuhan yang luar biasa. Pada 2019, penjualan ekspor mencapai 96.000 unit yang meningkat menjadi 114.000 unit setahun setelahnya sehingga menandai tingkat pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 19 persen.

Pada tahun 2021, Chery Group mengalami lonjakan penjualan ekspor yang sangat mengesankan yaitu mencapai 269.000 unit. Hal ini mencerminkan tingkat pertumbuhan tahun ke tahun yang luar biasa sebesar 136 persen.

Dari momentum ini, perusahaan mencapai angka penjualan yang bersejarah sebesar 450.000 unit pada tahun 2022, mewakili tingkat pertumbuhan tahun ke tahun yang mengejutkan sebesar 67 persen.

Dengan target sebesar 700.000 unit untuk penjualan ekspor pada tahun 2023, Chery Group menargetkan untuk melipatgandakan volume ekspor hingga tujuh kali lipat dibandingkan tahun 2019.

"Ke depan, Chery International telah memproyeksikan untuk memperluas kehadirannya di kawasan ASEAN dan pasar setir kanan lainnya dan telah menyusun rencana penetrasi pasar yang komprehensif, membidik negara-negara seperti Afrika Selatan, Indonesia, Australia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Inggris," papar Shawn.

Saat ini, lanjut Shawn, bahkan Chery Afrika Selatan telah mencapai kesuksesan yang signifikan dengan menempati peringkat ke-7 di pasar mobil penumpang, sementara Chery Indonesia akan menjadi pusat produksi.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) juga telah menyiapkan perakitan CKD yang dilengkapi dengan body painting dan akan memulai CDK penuh pada bulan Oktober 2023.

Pada tahun 2024, CSI menargetkan untuk mencapai tingkat lokalisasi sebesar 40 persen dan memulai ekspor pada paruh kedua tahun ini. Selain itu, CSI juga fokus untuk memperluas jaringan diler sebanyak 60 buah hingga akhir tahun ini.

Saat ini, diler Chery Arta Pluit juga sudah mengalami kesuksesan yang signifikan. Pertumbuhan setiap bulan sejak April kemarin mencapai 51 unit dan bulan ini akan mencapai 100 unit. Apalagi sejak IIMS Auto Show 2023, CSI sudah mendapatkan 1.500 SPK walau dengan tim penjualan yang belum terlalu besar. Kesuksesan ini juga didukung oleh strategi komunikasi untuk customers center yang cepat tanggap.

Kesuksesan Chery International yang berkelanjutan di pasar global, ditambah dengan rencana ekspansi strategis, mengukuhkan posisinya sebagai pemain yang berpengaruh dalam industri kendaraan roda empat.

Komitmen perusahaan terhadap inovasi, kualitas, dan kepuasan pelanggan terus mendorong pertumbuhannya yang luar biasa dan menjadikannya sebagai kekuatan yang diperhitungkan di panggung global.

Baca juga: Chery kenalkan TJ-1 yang tersedia dalam varian ICE dan PHEV

Baca juga: Chery kenalkan beragam model terbarunya pada Shanghai Auto Show nanti

Baca juga: Chery janjikan bawa kendaraan ramah lingkungan di pameran GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023