Cirebon (ANTARA News) - Meski kapasitas mesinnya sama dengan Toyota Kijang Innova, kendaraan serbaguna (MPV) kelas atas, Toyota Nav-1, jauh lebih irit, karena dibenami teknologi valvematic.

"Salah satu keuntungan teknologi Valvematic adalah konsumsi bahan bakar minyak lebih ekonomis," ujar GM Divisi Pelayanan Teknis PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, pada uji mengemudi Toyota Nav-1 di Cirebon, Jawa Barat, Kamis.

Bila pada uji mengendarai di Jepang, konsumsi BBM Toyota Noah atau Nav-1 di Indonesia, mencapai sekitar 13 kilometer per liter, maka di dalam negeri menjadi rata-rata 12 kilometer per liter.

Selain itu, valvematic juga membuat respons mesin 2.000 cc pada Nav-1 menjadi lebih cepat dan lebih bertenaga.

"Emisi yang dikeluarkan juga lebih bersih, karena valvematic berusaha mempercepat aliran udara yang ada di pitston," ujar Dadi.

Teknologi valvematic baru sekitar dua tahun dibenamkan pada sejumlah mobil kelas atas Toyota dan di Indonesia baru Toyota Nav-1 yang menggunakannya.

GM Perencanaan Perusahaan dan Hubungan Masyarakat TAM, Widyawati Soedigdo menambahkan, teknologi Valvematic adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan Nav-1 guna bersaing pada segmen MPV high.

"Selain Valvematic, perbedaaan Nav-1 dengan kompetitor adalah dua pintu geser (double sliding doors) kanan kiri, sehingga memudahkan penumpang naik dan turun," kata Widyawati.

Berbeda dari pesaingnya, kursi tengah kendaraaan keluarga dengan tujuh penumpang itu juga bisa digeser 360 derajat, sesuai kebutuhan penggunanya.

"Biasanya anak-anak menyukai bangku yang bisa digeser, apalagi untuk keluarga yang memiliki bayi atau anak kecil," kata Widyawati.

Dengan kursi tengah yang bisa digeser 360 derajat itu konsumen juga bisa menggelar rapat di dalam mobil.

(R016)
Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012