Jakarta (ANTARA) - Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 hadir dengan mengusung identitas baru “Automotive X Lifestyle”, memadukan otomotif dengan gaya hidup (lifestyle) yang meliputi fesyen, musik, hingga kuliner.

Acara yang diprakarsai oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dan didukung oleh Kementerian Perindustrian ini, melibatkan lebih dari 60 jenama otomotif yang akan menyelaraskan unsur gaya hidup, termasuk fesyen. Untuk pertama kalinya, GJAW 2023 menghadirkan “Jakarta Auto Runway”, terobosan baru yang menampilkan kolaborasi apik dari fesyen dan otomotif di atas runway.

“Fesyen memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan industri otomotif saat ini, kami yakin kehadiran 'Jakarta Auto Runway' menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung,” tutur Project Director Seven Event, pelaksana pameran GJAW 2023, Vista Limbong, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: GJAW 2023, waktu yang tepat bagi masyarakat beli mobil untuk lebaran

Digelar sejak 10 sampai 19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, kegiatan itu menggandeng delapan desainer kenamaan Indonesia, yaitu Wilsen Willim, IKYK, AMOTSYAMSURIMUDA, RAEGITAZORO, Elima, Tanah le Saé, Rinda Salmun, dan ANW.

“Saat ini, otomotif seperti mobil atau motor bisa menjadi salah satu fashion statement seseorang. Dengan adanya 'Jakarta Auto Runway' diharapkan menjadi awal yang baik untuk mengembangkan kolaborasi dua sektor industri ini di Indonesia,” kata Project Director Jakarta Auto Runway 2023, Andia Kusumawardhani.

Andia menambahkan, kolaborasi antara fesyen dan otomotif merupakan upaya sinergis untuk memajukan kedua industri ini.

Jakarta Auto Runway memberikan kesempatan bagi para pelaku industri fesyen Indonesia untuk memperkenalkan dan mempresentasikan kreativitasnya dalam rancangan koleksi yang disesuaikan dengan perkembangan otomotif sebagai bagian dari gaya hidup urban.

Pelaku industri otomotif juga dapat memperlihatkan inovasi produk otomotif yang menunjang perkembangan gaya hidup termasuk fesyen masyarakat urban melalui perhelatan ini.

Kedelapan desainer yang terkurasi untuk berpartisipasi di "Jakarta Auto Runway" itu menampilkan lebih dari 100 koleksi dengan ciri khas gaya masing-masing, terinspirasi dari sejumlah mobil yang dipamerkan, yaitu city car, electric car, dan premium car.

Baca juga: Blackvue rilis dashcam DR770X-2CH LTE di GJAW 2023

Salah satu jenama yang mengikuti "Jakarta Auto Runway',  Tanah le Saé yang menampilkan koleksi berkonsep sustainable fashion, fesyen yang berkelanjutan, yang selaras dengan mobil listrik sebagai inspirasinya.

Salah satu desainer yang mendukung pelaksanaan "Jakarta Auto Runway" Wilsen Willim mengungkapkan bahwa kendaraan dan otomotif secara luas kini menjadi pendamping terbaik bagi gaya hidup, termasuk fesyen seseorang.

“Fesyen dan otomotif telah menjadi bagian dari gaya hidup yang saling melengkapi. Kolaborasi ini tentunya diharapkan dapat memotivasi para pelaku industri fesyen untuk terus mengeksplorasi kreativitas rancangannya dengan mengikuti dinamika perkembangan industri otomotif sebagai inspirasi,” jelas Wilsen.

Baca juga: Wuling pamerkan sederet kendaraan eksis serta Alvez di GJAW 2023

Baca juga: Wincos perkenalkan produk unggulan di GJAW 2023

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023